Terima 500 Dosis Vaksin, Pemda Demak Gelar Vaksinasi Hewan Ternak

Ratusan ekor sapi di Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, disuntik vaksin, Senin (27/6).


Penyuntikan langsung dilakukan oleh Bupati Demak, Estianah, di peternakan Kelompok Tani Ngudi Waluyo. Bupati menjelaskan, pekan ini Kementrian Pertanian memberikan 500 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), untuk tahap pertama.

"Meski masih jauh dari jumlah target, namun kita maksimalkan untuk sapi betina. Karena betina untuk sementara tidak dijual, dan harus melanjutkan reproduksi," terang Estianah.

Dari data Dinas Pertanian, di Kabupaten Demak ada 13 ribu ekor sapi. Sedangkan saat ini masih ada 500 dosis.

"Nanti secepatnya kita data mana saja target vaksinasi. Sebenarnya bukan mengejar menjelang hari raya, tapi upaya penyelamatan hewan ternak agar tidak terinfeksi PMK," tambah Bupati Demak.

Sementara itu, Balai Besar Veteriner Maros Kementrian Pertanian, Dokter Hewan Siswani, mengatakan, untuk memastikan vaksinasi sudah dilakukan, pihaknya melakukan pendampingan langsung ke lapangan. "Di Jawa Tengah sendiri kita lakukan pendampingan di enam kabupaten, yakni, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Sragen," kata Siswani.

Siswani menyebut, bahwa untuk tahap pertama difokuskan ke hewan ternak yang sehat atau tidak terinfeksi PMK.

"Jadi, vaksin ini bukan untuk hewan yang dijual untuk kurban. Kita fokuskan vaksinasi untuk betina hingga tiga dosis," pungkas Siswani.

Vaksinasi hewan ternak untuk pertama dilakukan di Kabupaten Demak, di Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, dengan target 187 ekor sapi.