Pemkot Salatiga Luncurkan Program PUSAKA

Pemerintahan  RABU, 09 JUNI 2021 , 11:20:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Pemkot Salatiga Luncurkan Program PUSAKA
RMOLJateng. Sebagai wadah bagi masyarakat Salatiga sekitarnya dalam mendapatkan solusi ditengah persoalan rumah tangga, Pusat Sahabat Keluarga (PUSAKA) menjadi jalan keluarnya.

Secara resmi launching Pelayanan Terintergrasi Lintas Fungsi Pusat Sahabat Keluarga (PUSAKA) diprakarsai Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto di Rumah Dinas, Rabu (9/6).

Dikatakan Kepala DP3AP2KB Henny Mulyani menuturkan, PUSAKA adalah satu inovasi DP3AP2KB untuk menangani masalah keluarga dari bayi hingga keluarga.

"PUSAKA melibatkan berbagai pihak dan berperan aktif serta berkontribusi mewujudkan keluarga buang bahagia. Kehadiran PUSAKA meningkatkan Salatiga menjadi kota Smart," terangnya.

PUSAKA di Eks Kantor DP3AP2KB Jalan Hasanuddin, Salatiga. Pelayanan 24 jam hot line. Yang dilayani adalah seluruh warga Salatiga dan jika memang dibutuhkan daerah lain hingga provinsi pun, akan tetap dilaksanakan.

Dalam perjalanannya, keberadaan PUSAKA disertai pendampingan. Dimana, identitas pelapor akan senantiasa dilindungi, aman, serta menyediakan pula layanan trauma healing.

Terkait keterlibatan pihak Kepolisian dan TNI, diharapkan mampu menembus pihak-pihak yang sulit untuk diajak dialog karena persoalan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Ditambahkan Wali Kota Salatiga Yuliyanto, keberadaan PUSAKA Salatiga sebagai satu Pelayanan Terintergrasi Lintas Fungsi.

"Dimana didalamnya terdapat berbagai OPD, instansi serta pihak-pihak berperan aktif serta berkontribusi mewujudkan keluarga buang bahagia," para Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Wali Kota pun sangat mengapresiasi karena PUSAKA adalah satu inovasi tiap dinas yang ia dengungkan selama ini.

"PUSAKA membuat proyek perubahan. Dengan website disertai aplikasi menjawab solusi ditengah masyarakat m dengan perkembangan IT disertai kondisi Covid-19 dan kasus pernikahan dini, dengan PUSAKA adalah satu solusi bagi keluarga Salatiga bisa menyampaikan masalah dihadapi di dalam keluarga," pungkas Wali Kota. [jie]

Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402