Setubuhi Anak Di Bawah Umur, Pria Asal Wonogiri Diancam Denda Rp5 miliar

Hukrim  KAMIS, 03 JUNI 2021 , 13:02:00 WIB | LAPORAN: TULUS PREMANA

Setubuhi Anak Di Bawah Umur, Pria Asal Wonogiri Diancam Denda Rp5 miliar
RMOLJateng. Lantaran diduga kuat menyetubuhi anak di bawah umur, Nadi Maryono (53) warga Bulusari RT 002 RW 003, Desa Bulusulur, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, diancam hukuman penjara 15 tahun atau denda lima miliar rupiah.

"Pelaku diancam Pasal 81 ayat (2) Undang undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016 perubahan kedua atas UU RI No  23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak. Adapun pasal tersebut berisi Setiap orang yang dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan atau membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain, dipidana dengan pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp5.000.000.000," kata Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing saat menggelar jumpa pers di Mapolres, Kamis (3/6).

Didampingi Kasat Reskrim AKP Supardi, lebih lanjut dipaparkan, pada hari Sabtu (22/5) handphone korban dibawa oleh ibu korban (pelapor).  

Ketika itu ada chat dari Nadi Maryono (terlapor) yang menanyakan tentang kesalahpahaman yang terjadi di keluarga Nadi.

Ibu korban merasa curiga dengan Nadi, selanjutnya membalas chat WA. "Lha kalau aku hamil gimana pakde?"

Sejurus kemudian dijawab oleh Nadi. "Gak lah Nok kemaren kan masih merah. Gimana apa sekarang kita berhenti dulu piye? kalau pendapatku, tapi aku manut kamu nok," begitu bunyi dalam pesan tersebut.

Dari balasan chat WA tersebut, ibu korban menyimpulkan kalau anaknya kemungkinan sudah menjadi korban asusila yang dilakukan oleh Nadi.

Selanjutnya pada hari Minggu (23/5) ibu korban menanyakan kepada anaknya yang masih duduk di SMP tersebut. Korban malah menangis serta mengaku bahwa dirinya telah disetubuhi oleh Nadi sebanyak tiga kali.

Selanjutnya keluarga korban mendatangi Nadi di rumahnya dan melakukan konfirmasi mengenai pengakuan korban. Nadi pun mengaku bahwa korban sudah disetubuhi di rumahnya. Kemudian ibu korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Kini kasus tersebut sudah ditangani pihak berwajib. [hen]

Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402