Tempat Lilin Terbakar, Wisata Sam Poo Kong Tetap Buka

Peristiwa  SENIN, 17 MEI 2021 , 11:55:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Tempat Lilin Terbakar, Wisata Sam Poo Kong Tetap Buka
RMOLJateng. Terbakarnya tempat lilin yang ada di area wisata Sam Poo Kong Senin (17/5) pagi tadi sempat menghebohkan masyarakat sekitar.

Pasalnya, beberapa unggahan foto maupun video di akun media sosial maupun WhatsApp menjelaskan jika Klenteng Sam Po Kong yang terbakar, padahal setelah dilihat lebih lanjut hanya lilin besar yang berada di sudut Kelenteng yang terbakar.

General Manager Operasional Wisata Sam Poo Kong, Anandita Rinaldie, mengatakan api dari terbakarnya lilin besar telah bisa dipadamkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran sejak pukul 07.15 pagi tadi.

"Kejadian pukul 06.30 dan dari tim kami juga sudah mencoba untuk memadamkan cuma memang api cukup besar sehingga kami panggil Dinas Damkar dan pukul 07.15 sudah bisa dipadamkan oleh petugas Damkar," kata Rinaldie saat dikonfirmasi, Senin (17/5).

Rinaldie mengatakan, keberadaan empat lilin besar yang terbakar pagi tadi memang sudah menjadi bagian yang ada di klenteng Sam Poo Kong.

Lilin tersebut, tambahnya, adalah hasil donasi dari penganut kepercayaan Konghucu. Lilin tersebut memang tidak akan pernah padam selama satu tahun penuh, karena memang merupakan sebuah kepercayaan dalam masyarakat Tionghoa tentang lambang keabadian.

"Lilin menyala setahun penuh dan setahun sekali diganti yang baru dan biasanya penggantian dilaksanakan pada bulan Agustus pada saat ulang tahun Sam Poo Kong," jelasnya.

Pihaknya menyebut, kronologis terbakarnya lilin karena lilin yang berukuran lebih kecil telah habis dan sisa apinya membakar plastik atau alas dari lilin tersebut.

Dari api ini langsung merembet membakar lilin besar yang ada di sebelahnya.

"Tempat yang terbakar adalah tempat untuk menaruh lilin donasi, ada 4 buah yang dua besar dan yang 2 kecil, jadi yang kecil membakar plastik alas dan menyebabkan kebakaran di lilin sebelahnya yang cukup tinggi sekitar 2 meteran," ungkapnya.

Rinaldie juga mengatakan usai padamnya api di tempat lilin pagi tadi, wisata Sam Poo Kong tetap bisa dikunjungi seperti biasa.

Pengunjung tidak perlu takut dan ragu untuk datang ke Sam Poo Kong karena lilin sudah berhasil dipadamkan.

"Usai kebakaran lilin wisata Sam Poo Kong cukup kondusif untuk dikunjungi karena memang yang terbakar hanya di tempat lilin saja, sedangkan area lainnya tidak terpengaruh dengan kondisi ini,"  pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402