Lapas Terbuka Kendal Dicek Kemenkumham Jateng

Hukrim  MINGGU, 16 MEI 2021 , 12:40:00 WIB | LAPORAN: RENDRAS CAVA

Lapas Terbuka Kendal Dicek Kemenkumham Jateng
RMOLJateng. Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah, Syafar Puji Rochmadi, melakukan kegiatan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (bintorwasdal) di Lapas Terbuka Kendal, Minggu (16/5).

Kunjungan perdana di lapas terbuka Kendal ini, Kadivpas melakukan monitoring kegiatan pembinaan kemandirian yang telah berjalan.

Meliputi budidaya udang vaname sistem kolam bundar, peternakan ayam petelur, kambing, sapi, perikanan air tawar, serta pertanian jagung dan sawah.
"Potensi yang dimiliki lapas terbuka Kendal sungguh luar biasa, ciptakan terus inovasi dan terobosan dalam pembinaan, berikan pelayanan dan fasilitas terbaik kepada warga binaan dan masyarakat, oleh karena itu dalam waktu dekat juga akan kita tambah warga binaan pekerjanya," kata Syafar saat didampingi Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy.

Syafar mendukung, langkah-langkah konkrit yang telah dilakukan Kalapas Terbuka Kendal dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga binaan serta memberdayakan lahan yang ada.

"Ini langkah dan tindakan yang bagus dan tepat yang telah dilakukan Kalapas Terbuka Kendal. Warga binaan yang sekiranya akan bebas yang belum memiliki ketrampilan tentunya bisa dilatih disini agar wawasan warga binaan ini terbuka saat warga binaan itu nantinya bebas," jelasnya.

Kegiatan bintorwasdal dilanjutkan dengan pengecekan barak hunian.

Kadivpas berpesan untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, terus lakukan deteksi dini mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya pesan kepada Kalapas maupun jajarannya untuk tetap waspada, jangan lengah, deteksi dini dan selalu jaga keamanan dan ketertiban," tambahnya.

Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy mengatakan, masih terus melakukan perbaikan dan pembenahan ke depannya sehingga lapas terbuka Kendal atau image lapas pada umumnya bisa berubah.

"Kami terus melakukan perbaikan dan pembenahan. Target pekerjaan yg harus diselesaikan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang sudah kami susun sehingga ke depannya lapas terbuka Kendal akan jadi wajah Lembaga Pemasyarakatan yang membanggakan. Image lapas di masyarakat yang menakutkan harus diubah menjadi yang membanggakan," katanya. [hen]






Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402