H-2 Lebaran, Harga Cabai Keriting Tembus Rp40 Ribu/ Kg

Ekonomi  SELASA, 11 MEI 2021 , 18:20:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

H-2 Lebaran, Harga Cabai Keriting Tembus Rp40 Ribu/ Kg
RMOLJateng. Harga cabai keriting di Pasar Raya Salatiga menembus angka Rp40 ribu perkilogram pada H-2 menjelang Lebaran.

Komoditas yang paling dicari saat ini, kini tengah menjadi primadona. Sedangkan, cabai rawit merah berkisar Rp30-35 ribu perkilogram.

Naiknya sejumlah kebutuhan pokok ini, dipicu permintaan pasar yang saat ini cukup tinggi.

"Seperti biasa mendekati hari raya atau hari-hari besar lainnya seperti Lebaran dan Idul Adha, harga kebutuhan pokok khususnya aneka cabai melonjak tajam," kata Surti seorang pedagang asongan Pasar Raya Salatiga ditemui, Selasa (11/5).

Kenaikan harga cabai, diakuinya juga karena di tingkat petani hingga tengkulak besar lebih dulu merangka naik. Padahal, seminggu sebelum lebaran harga cabai masih berkisar antara Rp15-18 ribu/ kilogram.

"Naik hampir dua kali lipat. Bahkan, mungkin H-1 akan kembali naik," ucapnya.

Sejumlah petani ditemui mengaku kondisi harga yang naik turun tiap tahun terbilang wajar.

"Harga ini masih terbilang wajar. Karena cuaca juga mendukung bagi pertani mencari keuntungan dengan harga jual sebanding dengan pengelolaan," papar Sarmin petani lerang Gunung Merbabu, di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Sedangkan, harga sejumlah sayur mayur terbilang stabil. Beberapa komoditi pertanian yang diperdagangkan di Salatiga sekitarnya berasal dari lereng Gunung Merbabu, Gunung Merapi serta dataran kaki Gunung Telomoyo. [hen]

Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402