Bamsoet: Jangan Cuma Fokus Ekspor, Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

Politik  JUM'AT, 30 APRIL 2021 , 09:34:00 WIB | LAPORAN: STEFY THENU

Bamsoet: Jangan Cuma Fokus Ekspor, Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran
RMOLJateng. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah agar memperhatikan stok pangan di masa pandemi Covid-19, di tengah upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui ekspor komoditas. 

"Walaupun kondisi perekonomian saat ini membutuhkan banyak pemasukan, namun tetap harus mempunyai strategi ketika melakukan ekspor agar tetap ada kesesuaian dengan ketersediaan pangan dalam negeri," kata Bamsoet lewat keterangan persnya, Kamis (29/4). 

Namun begitu, mantan Ketua DPR RI ini mendukung upaya pemerintah menggenjot pertumbuhan ekspor pelaku usaha di dalam negeri. Dia pun melihat, kondisi Covid-19 yang sudah mulai membaik disejumlah negara dan termasuk Indonesia, merupakan momentum positif melakukan hal tersebut. 

"Di samping membaiknya ekonomi global, pemerintah dapat memanfaatkan peluang membaiknya kondisi Covid-19 untuk meningkatkan kinerja ekspor,” tuturnya, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL. 

Untuk mendukung ekspor, Politisi Partai Golkar ini juga menyarankan pemerintah meningkatkan hasil komoditas yang mengalami kenaikan harga, dan juga mengalami peningkatan jumlah permintaan ekspor.

"Agar dapat memaksimalkan komoditas-komoditas tersebut di sektor perdagangan, yakni ekspor, untuk pemulihan ekonomi negara melalui bursa berjangka,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Bamsoet meminta pemerintah menjalin hubungan dagang yang baik dengan negara-negara yang berpotensi besar dalam permintaan ekspor dari produk atau komoditas di Indonesia, serta memikirkan strategi jangka panjang agar ekspor tetap berjalan.[sth]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00