Wali Kota Semarang Ajak UMKM Bangkit Usai Setahun Pandemi

Ekonomi  MINGGU, 25 APRIL 2021 , 17:00:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Wali Kota Semarang Ajak UMKM Bangkit Usai Setahun Pandemi
RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan wadah dan solusi bagi kebangkitan pelaku usaha terutama UMKM.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, tak pernah henti mengajak pelaku usaha mikro untuk unjuk gigi kembali, dengan melakukan banyak inovasi dan memunculkan ide kreatif di setiap sektor usaha yang dimiliki.

"Untuk pelaku UMKM saya harap selalu kreatif dan inovatif jadi banyak hal yang bisa dikembangkan terutama untuk bisa memajukan unit usahanya, termasuk selama pademi covid ini kan sering pelaku UMKM yang mengeluh omzet menurun tapi jangan patah semangat," kata Hendi, sapaannya, saat meresmikan pelatihan Mitra UKM dan UMKM Bersama Memiles, di Hotel Pandanaran, Minggu (25/4).

Menurut Hendi, selama ini pemasaran menjadi momok terbesar bagi pelaku usaha mikro, untuk itu Pemkot juga berupaya memberikan solusi di bidang pemasaran seperti halnya yang baru saja dilaunching yakni permatahebat.com, yang merupakan situs pemasaran digital yang bisa diakses oleh UMKM yang ada di Semarang.

Tak hanya itu, tambahnya, Pemkot yang memiliki program Jumat Berkah dengan membagikan 5000 nasi bungkus setiap minggunya, juga membantu pelaku UMKM di sektor tata boga atau kuliner.

"Kita menginisiasi beberapa hal yang kemudian bisa membuat UMKM Semarang semakin maju, misalnya program Jumat Berkah setiap hari jumat kita membantu 5000 nasi bungkus bagi warga di kota semarang, jadi ini selain membantu masyarakat untuk mendapat makan gratis, juga pelaku UMKM di sektor boga juga bisa dapat orderan, ada juga teman-teman camat setiap minggu nya saya minta untuk menginisiasi beberapa produk UMKM unggulan di wilayahnya masing-masing yang bisa dijual di kantor kecamatan, dan masih banyak hal lain lagi," beber Hendi.

Hendi menekankan, meski omset usaha UMKM menurun, namun amsih banyak cara yang bisa dijalankan untuk menggenjot proses jual beli terutama di masa pandemi.

"Pemasaran memang jadi salah satu kendala bagi para pelaku usaha, maka dengan adanya pelatihan-pelatihan wirausaha ini juga menjadi salah satu alternatif pengembangan bisnisnya," ungkapnya.

Hendi berpesan kepada pelaku UMKM yang ada di Semarang, untuk bisa bangkit dan menghadapi pandemi, meski hasilnya belum terlihat signifikan, namun dari semangat dna inovasi yang dihadirkan, dirinya yakin akan bisa mengatasi semua persoalan yang dihadapi.

"Kalau terkena dampak, pastilah mereka terkena dampak pandemi ini, tapi setahun wabah ini kita belajar dari pengalaman, insya allah pertumbuhannya ada meskipun belum signifikan. UMKM kota semarang harus bangkit dan jangan patah semangat, gunakan-inovasi-inovasi kalian semua untuk bisa mengatasi persoalan yang ada hari ini," pungkasnya. [hen]






Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402