MA Hukum Ketua Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah 2,5 Tahun

Hukrim  SELASA, 20 APRIL 2021 , 18:54:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

MA Hukum Ketua Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah 2,5 Tahun
RMOLJateng. Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi yang dimohonkan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang terkait kasus menjerat Endar Susilo yang juga Ketua Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah.

Endar Susilo dinyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman penjara 2 tahun 6 bulan.

Atas putusan MA ini, Endar Susilo diwajibkan menjalani Ekskusi yang direncanakan Rabu (21/4) esok.

Menyikapi putusan MA, Endar Susilo mengaku akan taat dan berencana untuk menghadiri undangan tersebut dengan mendatangi Kejaksaan Negeri Ambarawa untuk dan menjalani hukuman yang divonisnya.  

Kepada wartawan Endar menyampaikan sebagai pribadi yang taat hukum.

"Saya warga masyarkat yang taat hukum, walaupun putusan dari MA tersebut sangat tidak adil dan tidak menguntungkan saya namun saya tetap akan menjalani putusan tersebut sambil menempuh langkah hukum permohonan Peninjauan Kembali (PK) dan saya berharap upaya hukum terakhir ini akan membuahkan Hasil membebaskan Saya," kata Endar.

Endar berharap, masih ada upaya hukum PK yang akan ia lakukan dengan harapan bisa kembali bebas dan bisa kumpul dengan keluarga dan menjalankan aktifitasnya.

"Semoga nantinya di MA saya bisa kembali bebas dan bisa kumpul kembali dengan keluarga dan menjalankan aktifitas. Dan tentunya saya berharap ada pakar-pakar hukum dan penegak-penegak Hukum yang terketuk hatinya untuk dapat memantau dan mengkaji tentang peristiwa yang saya alami sehingga masalah hukum saya ini menjadi terang benerang dan bisa tahu siapa yang salah sesungguhnya," pungkasnya.

Sebelumnya, setelah menjalani beberapa kali sidang di Pengadilan Negeri Ungaran dengan Hakim Ketua Tri Retnaningsih SH MH serta Hakim Anggota Wasis Priyanto SH MH dan Reza Adhian Marga SH MH, sidang terakhir dengan acara pembacaan putusan Pada Tanggal 4 Januari 2021, Endar di putus lepas dan dibebaskan pada hari itu juga.

Endar sempat dinyatakan lepas dari tuntutan hukum (Onstlag Van Alle Rechtsvervolging), serta pemulihan dalam kemampuan dan kedudukan harkat serta martabatnya.

Endar Susilo dijadikan tersangka oleh Polda Jateng atas laporan AS, karena diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp500 juta dengan mengaku sebagai Direktur Utama PT Multi Usaha Karya. [hen]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00