Yuliyanto: Entaskan UMKM yang Belum Lolos Lubang Jarum

Ekonomi  SENIN, 19 APRIL 2021 , 19:29:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Yuliyanto: Entaskan UMKM yang Belum Lolos Lubang Jarum
RMOLJateng. Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengingatkan para pihak terkait harus berfikir agar UMKM yang belum lolos lubang jarum (belum sukses) dapat lebih dimaksimalkan potensinya 

"Bagaimana cara menarik para pelaku usaha UMKM yang belum sukses supaya bisa menjadi sukses. Sehingga instansi terkait, dan asosiasi UKM di Salatiga berpikir agar UMKM yang belum lolos lubang jarum dapat lebih dimaksimalkan potensinya," kata Wali Kota di Rumdin, Senin (19/4).

Ia mengungkapkan, hal itu menjadi pekerja rumah (PR) instansi terkait, Himbara dan asosiasi UKM untuk membantu, mendata, sekaligus memberi perhatian khusus dengan mencarikan solusi.

Apalagi, dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi seperti saat ini peran semua pihak dan seluruh stakeholder harus bergerak bersama supaya keberadaan pelaku usaha UMKM dapat memberi dampak positif ekonomi di lingkungannya. 

Menurutnya, butuh banyak bantuan dan campur tangan dari pemerintah yang harus diberikan kepada pelaku usaha UMKM, supaya mereka tahu apa yang harus dilakukan terhadap produknya, lebih memahami bagaimana menjadi wirausaha, mengakses perbankan, dan lain-lain. 

"Diperlukan peran sertanya agar para pelaku UMKM dapat lebih memaksimalkan potensinya," imbuhnya.

Wali Kota menyebut, masih banyak pelaku usaha yang belum berpikir jauh ke depan, sehingga usahanya menjadi kerdil. 

Pola pemikiran seperti itulah yang harus diubah dan diberikan pemahaman, bahwa supaya lebih maju, UMKM harus memiliki ikhtiar dan obsesi yang tinggi. 

"UMKM tidak bisa dipandang sebelah mata," terang Yuliyanto. [sth]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00