Posko Ramadhan Lintas Agama Berbagi Nasi dan Takjil

Daerah  SENIN, 19 APRIL 2021 , 18:36:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Posko Ramadhan Lintas Agama Berbagi Nasi dan Takjil
RMOLJateng. Posko Ramadhan Lintas Agama di Kota Semarang turut berbagi makanan berbuka puasa bagi umat muslim di Kota Semarang yang sedang menjalankan ibadah puasa.  

Posko Ramadhan ini beranggotakan organisasi dari berbagai lintas agama dan kepercayaan seperti Persaudaraan Lintas Agama (Pelita), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah, Gusdurian, Humanity First, Club Merby,Walhi Jateng hingga BEM KM Unnes. 

Kali ini, Posko Ramadhan membagikan 200 nasi kotak dan 200 takjil bagi masyarakat yang muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Mereka yang mendapat nasi kotak dan takjil memang diprioritaskan bagi kaum marjinal seperti pemulung, pengemis, tukang becak hingga masyarakat yang melintas Jalan Pahlawan, Semarang. 

"Posko Ramadhan kali ini kita berbagi nasi kotak dan takjil, ini semua sumbangan untuk disampaikan kepada mereka yang membutuhkan, rencananya kita akan adakan lagi minggu depan untuk acara berbagi seperti ini," kata Setyawan Budy, Koordinator Pelita, Senin (19/4). 

Menurut Wawan, sapaan akrabnya, Posko Ramadhan sudah diadakan sejak tahun 2020 silam. Berawal saat situasi negeri ini dilanda pandemi, dan saat bulan ramadhan tahun lalu, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan berupa bahan makanan pokok, karena dampak pandemi hingga banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja membuat perekonomian masyarakat Semarang carut marut.

Karena hal inilah, berbagai organisasi lintas agama ini berinisiatif mendirikan posko ramadhan dengan berbagi sembako pada ramadhan tahun lalu. 

Namun, pada ramadhan tahun 2021 ini, kondisi ekonomi masyarakat sudah lebih baik meski pandemi masih berlangsung. Dari sinilah, posko ramadhan membagikan sebagian rezeki dalam bentuk nasi kotak dan takjil. 

"Tahun ini melihat situasi membaik kami ganti dengan berbagi nasi dan takjil untuk berbuka puasa. Awalnya tahun lalu bulan ramadhan masuk pandemi, masyarakat di lapangan kesulitan dan membutuhkan bantuan sembako, hand sanitiser dan masker langka, makanya kami berinisiatif untuk membuat posko untuk berbagi sembako dan APD di RS di daerah-daerah pada saat itu," jelasnya.

Tidak hanya membagikan nasi kotak dan takjil, rencananya Posko Ramadhan juga akan mengadakan berbagai acara seperti Bazar Ramadhan dengan menjual sembako hanya setengah harga, bahkan hasil penjualan nantinya akan disalurkan kembali untuk kegiatan sosial lainnya. 

Dalam pembagian nasi kotak, terlihat juga Bhante Thanapanno dan Samaneri Tirak Nirmala dari Vihara Mahabodhi Seroja juga Suster Agustina dan Suster Chatarina dari Kongregasi Suster Penyelenggaraan Ilahi yang tidak segan untuk ikut berbagi.  

"Mereka sangat senang bisa turut berpartisipasi membagikan nasi dan takjil bagi warga yang berpuasa, harapannya bisa menanamkan kepada masyarakat pentingnya toleransi dan gotong royong, baik yang ikut memberi dan menerima masing-masing bisa merasakan langsung dan ini wujud kepedulian kami semua bagi umat muslim yang berpuasa." pungkasnya. [sth]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00