Antisipasi Upal Jelang Lebaran, Unit Binmas Polsek Gayamsari Blusukan Ke Pasar

Nusantara  SENIN, 19 APRIL 2021 , 11:39:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Antisipasi Upal Jelang Lebaran, Unit Binmas Polsek Gayamsari Blusukan Ke Pasar
RMOLJateng. Petugas Unit Binmas Polsek Gayamsari, menggelar himbauan dan antisipasi peredaran uang palsu (upal) ke pedagang Pasar Gayamsari, Kota Semarang, Senin (19/4).

Dalam himbauan tersebut, dua pedagang kedapatan pernah menerima uang palsu pecahan Rp 20 ribu dan Rp 100 ribu.

"Bulan kemarin dapat pecahan Rp 20 ribu palsu. Ini tadi saya baru beli alat ultraviolet untuk mendeteksi uang itu asli atau palsu," ujar salah satu pedagang kain, Dina.

Selain Dina, pedagang pakaian, Wati, juga mengaku pernah mendapati uang palsu pecahan Rp100 ribu. Namun, dirinya yang curiga bahwa itu palsu, mengembalikan kepada pembeli.

"Saya kembalikan dan minta tukar uang lain. Mendingan gak jadi beli, daripada beli pakai uang palsu. Saya gak punya alatnya, tapi saya cek manual saja. Kalau uangnya halus, itu dipastikan palsu," terang Wati.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Gayamsari, Iptu Joko Sadewo, mengatakan, himbauan antisipasi peredaran uang palsu ini menyasar pada pedagang kain, pedagang pakaian, sembako dan pedagang makanan ringan.

"Para pedagang ini paling ramai kalau mau lebaran. Kita himbau agar menyediakan alat deteksi uang palsu. Kalau gak ya manual dan harus ekstra hati-hati menerima uang," kata Iptu Joko Sadewo.

Petugas juga menghimbau agar para pedagang menghubungi pihak kepolisian jika menerima uang palsu. Pasalnya, dikhawatirkan, peredaran uang palsu marak menjelang lebaran.

"Kegiatan ini akan kami gelar secara rutin di lokasi berbeda, khususnya pedagang. Kami himbau, masyarakat harus berhati-hati dan teliti dalam bertransaksi," pungkas Joko. [jie]








Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00