Dicopot Wali Kota, Dua Pejabat Salatiga Buka Suara

Daerah  KAMIS, 15 APRIL 2021 , 18:51:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Dicopot Wali Kota, Dua Pejabat Salatiga Buka Suara
RMOLJateng. Dua dari delapan pejabat senior Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Salatiga yang diturunkan jabatannya, angkat bicara, Kamis (15/4).

Keduanya adalah Adhi Isnanto yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan dan Agung Hendratmiko Kepala Bapedda Kota Salatiga.

Agung mengaku belum terpikirkan untuk menempuh jalur perlawanan hukum atau PTUN. Ia yang saat menerima surat penurunan jabatan sedang menjalankan isolasi mandiri (Isoma) menilai apa yang dialami saat ini justru bersyukur.

"Saya malah bersyukur Alhamdulillah, pekerjaan lebih ringan. Dan secara pribadi bagi saya jabatan sebuah amanah dan saat menjabat kepala dinas sama sekali tidak bercita-cita (menjadi Kepala Dinas). Yang pasti, tugas saya mungkin sudah cukup," ungkap Agung.

Dengan rendah hati, Agung yang telah mengabdi 24 tahun sebagai ASN merasa relatif sudah melaksanakan misi Wali Kota ke- dan ke-5 serta mengawal RKPD selama 2021 meski baru berjalan kurang dari enam bulan.

Ia pun memastikan, sebagai pejabat telah melaksanakan sesuai SOP. Sehingga, ketika sebagian orang menilai penurunan jabatan sebagai staf biasa sebuah aib Agung beranggapan lain.

"Ini hanya masalah persepsi belaka. Ketika mengacu kepada PP No 53 tahun 2010 terkait Disiplin ASN, saya merasa telah mengabdi dan melayani masyarakat sesuai aturan. Namun ketika ada masyarakat tidak puas hanya perbedaan persepsi," paparnya.

Begitu juga ketika memperdebatkan kebijakan, Agung menyebutnya dengan bijak jika (kebijakan) tidak bisa menyenangkan semua pihak. Ia yang merasa sebagai manusia banyak kekurangan, mengaku belum terpikirkan untuk mengambil langkah mem- PTUN-kan keputusan penurunan dirinya sebagai staf biasa.

Ia justru berharap, dengan kejadian ini ada peran generasi muda dengan SDM milenium bisa melanjutkan tugasnya.

Sementara, Adhi Isnanto lebih 'ngirit' untuk berkomentar. Ia yang menerima Surat pemberhentian jabatan bersamaan dilantiknya 107 pejabat oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto itu saat ini meminta wartawan memahami kondisinya.

"Mohon waktunya. Saya belum dapat berbicara banyak," ujar Adhi Isnanto. [hen]



Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00