Tiga Tahun Usia Yayasan Istana Mataram, Tumbuhkan Jiwa Satriya Mataram

Budaya  RABU, 14 APRIL 2021 , 16:54:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Tiga Tahun Usia Yayasan Istana Mataram, Tumbuhkan Jiwa Satriya Mataram
RMOLJateng. Peringatan tiga tahun usia yayasan Istana Mataram digelar terbatas dan sederhana. Yayasan Istana Mataram dibentuk pada 13 April 2018 lalu.   

Salah satu pengganggas sekaligus pengageng Istana Mataram Surakarta KPH Eddy Wirabhumi mengungkapkan, Istana Mataram mewadahi seluruh elemen-elemen asli trah Mataram baik lama maupun baru untuk memastikan elemen Mataram tidak akan pernah punah.  

"Fisik bisa saja berpindah pindah, tersebar dan seolah terpecah  menjadi beberapa bagian elemen karena politik pecah belah, tetapi spirit Mataram akan terus hidup sepanjang masa," jelas Wirabumi, Rabu (14/4).  

Dijelaskan, sejak yayasan Istana Mataram didirikan tiga tahun silam, saat ini tidak hanya tersebar di wilayah nusantara tetapi juga menyebar ke seluruh penjuru negeri di dunia.  

"Karena Istana Mataram akan terus hidup dihati dan jiwa yang gandrung dengan spirit memayu hayuning buwono, yang cinta dengan harmoni maupun kedamaian dan cinta kasih.  Disitulah sedang tumbuh jiwa-jiwa Satriya Mataram," imbuhnya.   

Acara dihadiri Pengageng Sasana Wilopo dan Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Karaton Surakarta GKR. Koes Moertiyah Wandansari, GKR. Retno Dumilah Putri PB XII.  

Selain itu, hadir pula putra -putri PB XIII GKR. Timoer Rumbai Kusuma Dewayani dan KGPH. Mangkubumi, serta perwakilan trah mataram Surakarta maupun sentono dalem Kraton Surakarta.  [sth] 

Komentar Pembaca
Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman

RABU, 28 APRIL 2021 , 18:04:00

Tabur Bunga Untuk Korban Kapal Selam Nanggala KRI 402