Diduga Lakukan KDRT, Omah Publik Tuntut Oknum Komisioner KIP Jateng Dicopot Dari Jabatan

Hukrim  SELASA, 13 APRIL 2021 , 14:11:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Diduga Lakukan KDRT,  Omah Publik Tuntut Oknum Komisioner KIP Jateng Dicopot Dari Jabatan
RMOLJateng. Berita mengenai Kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh oknum komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah mengundang banyak perhatian.
Salah satunya datang dari Omah Publik Semarang. Koordinator Omah Publik, Nanang Setyono, mengatakan KDRT yang dilakukan oknum komisioner KIP Jateng, SH, sangat memprihatinkan.

"Sangat prihatin dengan terjadinya kekerasan tersebut yang diduga dilakukan oleh SH yang sejak dulu dikenal sebagai orang yang gigih memperjuangkan HAM," kata Nanang, Selasa (13/4).

Nanang menambahkan, SH merupakan salah satu Komisioner KIP Jateng yang notabene adalah pejabat publik. Menurutnya, seorang yang diangkat menjadi anggota komisi informasi tentunya telah melalui tahap verifikasi administrasi yang salah satunya adalah tidak pernah dipidana.

"Mengapa hal ini disyaratkan karena untuk memastikan bahwa orang yang terpilih menjadi anggota komisi informasi adalah orang yang bersih tidak mempunyai catatan kriminal," tambahnya.

Lebih jauh, Nanang menuntut agar SH dicopot dari jabatannya. Dia berpendapat bahwa SH diduga telah melakukan tindakan tercela hal ini sesuai dengan pasal 34 ayat (2) UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dia juga menilai bahwa harus ada laporan tindak kekerasan ke pihak kepolisian agar melakukan upaya perlindungan terhadap korban dan penyelidikan atas kasus tersebut.

Hal itu, menurutnya, untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat dan menjamin kepastian orang-orang yang duduk di Komisi KIP Jateng adalah orang-orang yang bersih.

"Maka Pemerintah Provinsi Jateng, Ketua Komisi KIP Provinsi Jateng harus bertindak tegas mencopot SH sebagai anggota Komisi KIP Jateng apabila dugaan kekerasan yang dilakukannya terbukti secara hukum," tegasnya. [jie]


Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00