Dampak Kandasnya Kapal Ever Given, Mesir Minta Kompensasi

Dunia  RABU, 07 APRIL 2021 , 21:35:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Dampak Kandasnya Kapal Ever Given, Mesir Minta Kompensasi
RMOLJateng. Kandasnya kapal kargo raksasa Ever Given di kanal Terusan Suez bukan hanya mengganggu rantai pasokan global, namun juga memicu kerugian besar untuk banyak pihak.

Salah satu kerugian terbesar dialami oleh pemerintah Mesir, dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Ketua Otoritas Terusan Suez (SCA), Osama Rabie mengatakan kerugian yang dialami pihaknya bisa mencapai lebih dari 1 miliar dolar AS.


Mengutip Sputnik pada Rabu (7/4), pihak berwenang saat ini tengah berunding dengan pemilik kapal Ever Given untuk membahas penyelesaian kompensasi.

"Kami akan meminta jumlah yang adil. Kami menyelamatkan mereka dengan begitu banyak kapal tanpa kerusakan atau kerugian besar," kata Rabie.

Menurut Rabie, saat ini masih berada di Terusan Suez dan tidak diizinkan untuk pergi jika masalah berujung pada sengketa hukum.

Kapal Ever Given terjebak di antara kanal Suez pada 23 Maret. Akibatnya lalu lintas perairan macet total dengan ratusan kapal bertumpuk.

Untuk membebaskan kapal berbobot 224 ribu ton itu, otoritas bekerja dengan dua metode, yaitu pengerukan di bagian haluan yang terjebak pasir dan menariknya dengan kapal tunda.

Butuh waktu enam hari hingga kapal terbebas. Kendati begitu, penyelidikan terus dilakukan.

Awalnya, kapal dilaporkan kandas karena cuaca buruk dan badai pasir. Namun pohak SCA menyebut adanya kemungkinan kesalahan manusia.

Pada 1 April, komisi untuk menyelidiki insiden itu telah mengeluarkan "kotak hitam" dari kapal. [hen]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00