Berpuasa Tetap Bisa Divaksin, Ini Penjelasannya

Kesehatan  RABU, 07 APRIL 2021 , 20:59:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Berpuasa Tetap Bisa Divaksin, Ini Penjelasannya
RMOLJateng. Proses vaksinasi hingga saat ini masih terus berjalan. Hingga saat ini vaksin tahap pertama sudah disuntikkan pada108.337 warga semarang, dan sedang berangsur menuju ke vaksin kedua.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, Kota Semarang akan mendapat jatah vaksin sekitar 30.000 vaksin. Namun peruntukkan masih untuk lansia dan tenaga pendidikan karena juli nanti akan dimulai PTM.

"Vaksin akan datang lagi sekitar 30.000 bagi masyarakat Semarang, memang masih sangat jauh dari jumlah warga semarang tapi kita tetap harus semangat karena sampai hari ini vaksin diberikan secara gratis," terang Hendi, sapaannya, Rabu (7/4).

Program vaksinasi ini akan terus berjalan meski sebentar lagi umat muslim akan menjalanlan ibadah puasa Ramadhan.

Ketua Takmir Masjid Agung Semarang, Hanief Ismail, menyampaikan jika masyarakat muslim tidak perlu risau jika saat bulan puasa harus menerima suntikan vaksin.

Menurut Hanief, dalam Islam, ada hukum yang bernama azima yakni hukum yang sudah di pastikan. Selain itu ada hukum ruqsa yang artinya diringankan.

"Ketika bulan puasa memang ada ulama yang pasti tidak boleh memasukan apapun dalam tubuh dari lubang yang sudah ada yakni mata, hidung, telinga, mulut itu tidak boleh. Namun memasukkan melalui lubang yang baru yang tidak ada sebelumnya itu boleh," jelas Hanief.

Dalam bulan puasa, tambahnya, meskipun memasukkan benda ke dalam tubuh yang belum ada sebelumnya, hal itu diperbolehkan terlebih lagi untuk sesuatu yang darurat seperti pengobatan.

"Jika ada pengembangan lagi, misalnya bahan yang dimasukkan ada unsur babi misalnya, itupun masih diperbolehkan selama itu masih untuk kepentingan darurat," bebernya.

Hanief juga memberikan penjelasannya dengan mengacu pada ayat yang ada didalam Al Quran.

"Didalam Al quran sendiri Allah mengatakan bahwa sesuatu yang darurat itu memperbolehkan sesuatu yang di larang, untuk masuk kedalam tubuh." pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00