Sengketa Plkada Sabu Raijua Hari Ini, Orient P Riwu Hadir Langsung

Hukrim  SENIN, 15 MARET 2021 , 12:34:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Sengketa Plkada Sabu Raijua Hari Ini, Orient P Riwu Hadir Langsung
RMOLJateng. Pihak termohon dan Bawaslu hadir secara fisik dalam sidang panel khusus Mahkamah Konstitusi untuk perkara sengketa Pilkada Sabu Raijua tahun 2020/Repro.
Perkara sengketa Pilkada Serentak 2020 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tengara Timur (NTT), masuk tahap sidang pemeriksaan di Mahakamah Konstitusi (MK) pada Senin ini (15/3).

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Konstitusi Saldi Isra ini mengahadirkan seluruh pihak untuk perkara ini, yang teregistrasi dengan nomor 133 dan 134/PHP.BUP-XIX/2021.

Pihak-pihak yang hadir secara luring (langsung mengikuti persidangan di MK) dan daring (online via aplikasi) antara lain, pihak pemohon gugatan dan kuasa hukumnya, pihak termohon atau KPU Saburaijua dan KPU NTT, pihak terkait dalam hal ini calon bupati Saburaijua Orient P Riwu Kore dan kuasa hukumnya, serta Bawaslu Sabu Raijua, Bawaslu NTT dan Bawaslu pusat.

Di dalam persidangan yang digelar di ruang sidang utama Mahkamah Konstitusi Kantor MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kuasa Hukum termohon dari Badan Bantuan Hukum Advokasi Rakyat Pusat PDIP, Paskaria Tombi mengkonfirmasi kehadiran clientnya secara fisik.

"Hadir langsung (dan virtual) Badan Bantuan Hukum Advokasi Rakyat Pusat PDI Perjuangan, serta hadir langsung Orient P Riwu Kore," demikian Paskaria Tombi dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Kemenangan Calon Bupati Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore yang memiliki status kewarganegaraan Amerika Serikat akhirnya masuk ke dalam perkara gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mulanya, status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore disoal Bawaslu, karena diduga tercatat sebagai warga Amerika Serikat.

Namun akhirnya, usai melakukan kalrifikasi ke berbagai kementerian/lembaga dan juga institusi luar negeri terkait, Orient P Riwu Kore ternyata terbukti sah sebagai warga negara Amerika Serikat.

Akhirnya, Orient P Riwu Kore yang berhasil memperoleh suara terbanyak di pemilihan Bupati Sabu Raijua tidak kunjung dilantik akibat kasus kewarganegaraan ini. Hingga akhirnya terdapat gugatan hukum yang masuk ke MK.

Ada dua permohonan sengketa Pilkada untuk Kabupaten Sabu Raijua yang diterima MK. Yaitu, perkara dengan nomor registrasi 133/PHP.BUP-XIX/2021 dan 134/PHP.BUP-XIX/2021. [jie]


Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Layanan Mobil Kas Keliling

Layanan Mobil Kas Keliling

SENIN, 29 MARET 2021 , 10:27:00

Masjid Kontainer

Masjid Kontainer

SELASA, 27 APRIL 2021 , 14:59:00