Mahfud MD: Kasus KLB Baru Akan Jadi Masalah Hukum Jika Didaftarkan Ke Kemenkumham

Politik  SABTU, 06 MARET 2021 , 17:05:00 WIB | LAPORAN: STEFY THENU

Mahfud MD: Kasus KLB Baru Akan Jadi Masalah Hukum Jika Didaftarkan Ke Kemenkumham
RMOLJateng. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, pemerintah menilai sampai saat ini peristiwa Deli Serdang merupakan masalah internal Partai Demokrat. 

"Bukan (minimal belum) menjadi masalah hukum. Sebab belum ada laporan atau permintaan legalitas hukum baru kepada pemerintah dari Partai Demokrat. Pemerintah sekarang hanya menangani sudut keamanan, bukan legalitas partai," ucap dia lewat Twitter @mohmahfudmd, Sabtu (6/3). 

Menurut Mahfud, sejak era Presiden Megawati Soekarnoputri, Presiden SBY sampai saat ini Presiden Jokowi, pemerintah tidak pernah melarang KLB atau Munaslub yang dianggap sempalan, karena menghormati independensi partai politik. 

"Risikonya, pemerintah dituding cuci tangan. Tapi kalau melarang atau mendorong bisa dituding intervensi, memecah belah dan sebagainya," ucapnya, seperti dikutip Kantor Berita RMOL. 

Jadi, jelas Mahfud, KLB Partai Demokrat yang dikalaim sepihak, di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, merupakan masalah internal. 

"Kasus KLB PD baru akan jadi masalah hukum jika hasil KLB itu didaftarkan ke Kemenkumham. Saat itu, pemerintah akan meneliti keabsahannya berdasar UU dan AD/ART parpol. Keputusan pemerintah bisa digugat ke pengadilan. Jadi pengadilanlah pemutusnya," tuturnya.

"Dus, skrng tidak atau belum ada masalah hukum di Partai Demokrat," demikian Mahfud MD menambahkan. [sth]     

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00