Wali Kota Solo Temui Perwakilan Dari Abu Dhabi Bahas Pembangunan Replika Syeikh Zayed Grand Mosque

Daerah  JUM'AT, 05 MARET 2021 , 16:48:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Wali Kota Solo Temui Perwakilan Dari Abu Dhabi Bahas Pembangunan Replika Syeikh Zayed Grand Mosque
RMOLJateng. Utusan dari Uni Emirat Arab (UEA) Mohamad Ali Rasid beserta beberapa utusan lain bertemu Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Solo.

Hadir juga, Kepala Kemenag Surakarta Hidayat Maskur, perwakilan Dubes Indonesia untuk Uni Emirat Arab dan Thohir dari Esco Oil dan Gas.

Selain utusan dari UEA, hadir juga biro desain dan konsultasi independen, PT Arkonin yang merancang The Surakarta Grand Mosque (Masjid Agung Surakarta) yang merupakan replika masjid Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dabi.

"Pastinya kami menyambut baik kedatangan utusan dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Saya berharap masjid yang akan dibangun nanti  memperkuat hubungan yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab," ungkap Gibran, Jumat (5/3).

Pihaknya sangat menghargai atas dukungan Abu Dhabi bagi iklim keagamaan di Kota Surakarta.

"Terima kasih atas support dan semoga nyaman di Solo," ungkap Walikota Gibran.

Sementara itu dalam paparannya Nur, perwakilan dari PT Arkonin, mengatakan, untuk persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid  pada, Sabtu (6/3).

"Rancangan masjid kami buat agak miring dengan mengarah pada kiblat. Sebelah timur akan ada boulevard. Di sisi depan ada air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan," papar Nur.

Ke depan, Masjid Agung di Kota Surakarta mampu menampung 10 ribu jemaah. Sementara masjid asli berada di Abu Dhabi mampu menampung hingga 40 ribu jemaah.

"Meski begitu (bentuk) kubah utama tetap ada tiga seperti masjid aslinya (di Abu Dhabi)," imbuhnya.  

Bangunan masjid ini nantinya juga dapat dimanfaatkan sebagai tujuan wisata religi. Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi penataan lighting yang sangat menawan dan material berkualitas di antaranya memakai kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah.

Rencananya peletakan batu pertama akan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir mewakili Menko Luhut, Menteri Agama RI, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA,  Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sekda Surakarta dan jajaran perangkat daerah.

Perwakilan Abu Dhabi sangat mengapresiasi atas sambutan dan pelayanan yang ramah dari Walikota Surakarta dan warganya.

"Kami berharap hal ini dapar mempererat hubungan dua negara. Terima kasih atas penghargaannya dengan disambut baiknya pembangunan masjid dari kami. Berharap untuk masa depan persahabatan semakin erat. Kami sangat senang melakukan perjalanan ke Solo," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00