Tergusur Tol, Lahan Pengganti SMPN 16 Belum Ada Kejelasan

Daerah  KAMIS, 04 MARET 2021 , 20:04:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Tergusur Tol, Lahan Pengganti SMPN 16 Belum Ada Kejelasan
RMOLJateng. SMPN 16 yang terkena dampak gusuran pembangunan Tol Semarang-Batang hingga saat ini lahan penggantinya belum ada kejelasan.

Hal ini dikarenakan Peraturan Presiden (Perpres) 109 yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo yang memuat tentang penghapusan Proyek Strategis nasional (PSN), menjadikan penggantian lahan menjadi tertunda.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, lahan yang akan menjadi pengganti SMPN 16 ternyata tidak masuk dalam PSN.

Meski demikian, Kementerian PUPR akan tetap memasukkan kembali kedalam PSN.

"Nanti kita tinggal menunggu Perpresnya saja untuk masuk lagi,dan segera bisa dibayarkan," kata Gunawan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (4/3).

Meski proses penggantian lahannya terkendala PSN, namun Gunawan menyatakan, bangunan sekolah yang lama masih bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Masih bisa digunakan, nah kalau sudah dibayar langsung kita bangun lebih bagus dari bangunan lama dan lebih representatif. Desainnya juga sudah kami buat," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo mengharapkan, proses penggantian lahan bisa segera diselesaikan dan dibayarkan pada tahun ini.

Menurut informasi nilai total penggantian lahan dan bangunan untuk SMPN 16 Semarang senilai Rp123 miliar, dengan rincian Rp112 miliar untuk tanah dan Rp11 miliar untuk bangunan. Dari nilai tersebut seluruhnya belum dibayarkan.

"Harusnya dengan keluar Perpres tersebut bisa dicairkan dan dilaksanakan tahun ini. Sampai saat ini tidak bisa cair sebenarnya, karena tidak masuk skala prioritas. Otomatis, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) tidak bisa membiayai penggantian lahan ruas tol yang di luar PSN," ucap Anang.

Lahan pengganti sebenarnya sudah ditentukan yakni di sebelah Pizza Hut Ngaliyan atau depan perumahan Permata Puri.

Bahkan lahan kosong tersebut sudah dipasangi plang sebagai tempat relokasi dan pembangunan SMP N 16 Semarang.

Kendalanya hanya karena ada Perpres itu. Harapannya tahun ini bisa selesai, atau tahun ajaran baru nanti sudah bisa digunakan,” pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00