Kasum TNI Pantau Pelaksanaan Vaksin di Depohar 50 Pangkalan Lanud Adi Soemarmo

Daerah  SELASA, 02 MARET 2021 , 17:06:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Kasum TNI Pantau Pelaksanaan Vaksin di Depohar 50 Pangkalan Lanud Adi Soemarmo
RMOLJateng. Kasum TNI. Letjen TNI Ganip Warsito, didampingi Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono,  Pangdam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, sidak pelaksanaan  vaksinasi personil TNI di Depo Pemeliharaan (Depohar) 50 Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo.  

Dalam vaksinasi tahap kedua ini, prioritas sasaran memang untuk institusi pelayan masyarakat, yakni mulai dari pejabat TNI-Polri, seluruh prajurit dan kementerian serta lembaga terkait.

"Sekarang ini sedang memasuki tahap kedua dari program vaksinasi nasional. Yang  diprioritaskan para pejabat pelayanan publik. termasuk di dalamnya TNI, Polri, kementerian dan lembaga terkait," ujar Kasum. 

Dijelaskan, ada sekitar  1.690 personil TNI di wilayah Jawa Tengah yang mengikuti  vaksi. Mereka dari  kalangan Badan Pembina Desa (Babinsa) , Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) TNI AU.

"Prajurit yang divaksin merupakan ujung tombak TNI di tengah masyarakat dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap Covid-19 di desa dan lingkungannya," jelasnya.

Vaksinasi diharapkan target untuk herd immunity atau kekebalan kelompok dapat terealisir di lingkungan TNI.  Nantinya setelah mendapatkan vaksinasi  para prajurit selain bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan, para prajurit TNI tersebut juga dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan tracing Covid-19 di tengah masyarakat. 

"Pastinya sebelum personil TNI yang  diterjunkan ke masyarakat untuk membantu trading, para Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga diberi pelatihan menjadi tracer Covid-19," tandasnya. 

Kasum TNI  menambahkan, secara bertahap prajurit TNI tersebar di seluruh Indonesia sekitar 490 ribu bakal di vaksin.  Ini salah satu taktik (upaya) TNI untuk menuntaskan vaksinasi covid 19," imbuhnya.  

Kasum juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenkes, Dinas Kesehatan Pemkab Karang Anyar, Lanud Adi Soemarmo, Depohar 50, Kesdam IV/Diponegoro dan Korem 074/Warastratama Surakarta yang mendukung penuh sepenuh pelaksanaan vaksinasi. [sth]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00