Muncul Bintik Merah Setelah Vaksin, Apakah Ini Kasus KIPI ?

Kesehatan  JUM'AT, 26 FEBRUARI 2021 , 15:12:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Muncul Bintik Merah Setelah Vaksin, Apakah Ini Kasus KIPI ?
RMOLJateng. Puskemas Cebongan tempat dimana Wali Kota Salatiga Yuliyanto mencanangkan sekaligus menjalankan vaksinasi menemukan kasus KIPI untuk pertama kalinya.

KIPI adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yakni satu situasi usai seseorang menerima vaksin.  

"Iya, ini kasus pertama KIPI di Puskesmas Cebongan ini. Akan kita observasi untuk mengetahui gejala yang dialami hingga muncul bintik-bintik merah di tangan," kata seorang dokter jaga Puskesmas Cebongan, dr Wiki, Jumat (26/2).

Ada pun warga yang mengalami KIPI adalah seorang jurnalis wanita Ernawaty. Dia mengalami ruam muncul bintik-bintik merah di kedua tangannya dua hari pasca vaksinasi tahap 2 bersama puluhan wartawan se-Salatiga.

"Munculnya baru pagi tadi saat ditengah-tengah kegiatan nge-gym. Tapi tidak sakit, tidak gatal, tidak perih. Cuma sempat kaget saja muncul secara tiba-tiba dan semakin siang semakin banyak bintik-bintiknya," ungkap Erna usai mendatangi tim KIPI di Puskesmas Cebongan.

Dr Tim KIPI Puskesmas Cebongan, Salatiga, Erna sempat mendapat beberapa pertanyaan apakah memiliki alergi obat. Namun ia menyebut tidak sama sekali.

Sementara, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kota Salatiga dr Prasit Al Hakim mengatakan kasus muncul ruam bintik-bintik merah salah satu yang telah diperhitungkan oleh tim KIPI.

"Jadi, ruam bintik-bintik merah menjadi salah satu efek seseorang pasca menerima vaksinasi dan Tim KIPI telah mencatat hal tersebut," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga dr Zuraidah menyebutkan, jika muncul ruam bintik-bintik merah bukan sebuah kejadian yang membahayakan.

"Kami sudah meminta yang bersangkutan untuk menemui Tim KIPI dan berisitirahat yang banyak. Jangan menjalani aktivitas berlebih seperti olahraga yang over," tandasnya. [jie]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00