Angin Ribut Melanda Grogol Sukoharjo, Satu Warga Tewas

Peristiwa  KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 16:33:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Angin Ribut Melanda Grogol Sukoharjo, Satu Warga Tewas
RMOLJateng. Angin ribut mendadak muncul di sejumlah wilayah Sukoharjo. Angin ribut mengakibatkan sejumlah pohon, baliho dan rumah ambruk, Kamis (25/2/2021) siang.

Peristiwa tersebut merenggut satu nyawa, Karti (64) warga Mupusan RT 003 RW 005 Desa Pondok, Kecamatan Grogol, meninggal dunia di dalam rumah yang tertimpa pohon tumbang saat tertidur.

Dikonfirmasi Camat Grogol Bagas Windaryatno mengatakan, kejadian pohon tumbang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Saat itu angin berhembus sangat kencang hingga menyebabkan banyak pohon yang berada di wilayah Grogol tumbang.

Salah satunya pohon sengon yanga da di halaman rumah korban tumbang. Pohon tersebut tumbang menimpa rumah korban. Nahasnya saat itu korban tengah tertidur di dalam rumah dan ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia.

"Benar kami mendapat laporan angin ribut menumbangkan sejumlah pohon, dan salah satunya menimpa rumah yang didalamnya ada penghuninya, dan diketahui korban meninggal dunia tertimpa reruntuhan bangunan rumah," kata Bagas.

Pihaknya yang menerima laporan tersebut langsung melaporkan kejadian ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polsek Grogol.

Petugas lantas mendatangi lokasi bersama bidan dan tenaga medis dari Puskemas Grogol. BPBD bersama Polisi melakukan evakuasi terhadap korban. Selain itu juga melakukan evakuasi pohon tumbang.

Dikonfirmasi, Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan setelah mendapat laporan ada angin ribut dangan korban jiwa, langsung mengerahkan tim SAR dan BPBD ke lokasi.

"Diketahui akar pohon memang sudah lapuk, hingga akhirnya tumbang menimpa rumah korban. Menurut keterangan sksi usai angin reda sempat terdengar minta tolong korban, namun saat dievakuai korban yang sedang sakit sudah meninggal," kata Sri Maryanto.

Sementara di wilayah desa Plumbon, Mojolaban, angin ribut merobohkan sebuah baliho yang lalu menimpa pelajan kaki, Rika warga Laban, Sukoharjo, yang tengah menggendong anaknya.

Meski hanya mengalami luka, dua korban ibu dan anak tersebut nampak trauma dan kini dirawat di klinik.

Kembali diingatkan kepada warga untuk terus mewaspadai angin kencang. Terutama waspada pohon dan bangunan rumah yang rawan tumbang.

Menurutnya, yang terpenting mengecek kondisi bangunan rumah seperti kayu dan tembok. Dan segera melaporkan peristiwa pada pihak yang berwenang. [jie]





Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00