Peringati HUT Ke 38, PDAM Karanganyar Komitmen Atasi Kebocoran

Daerah  SELASA, 23 FEBRUARI 2021 , 11:04:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Peringati HUT Ke 38, PDAM Karanganyar Komitmen Atasi Kebocoran
RMOLJateng. Tingkat kebocoran PDAM di Karanganyar saat ini mencapai angka 23 persen. Kebanyakan terjadi di wilayah perkotaan. Kebocoran sendiri dipicu banyaknya transportasi yang terkadang saluran itu terinjak kendaraan.

"Jadi kebocoran ini terjadi bukan karena pencurian tapi karena transportasi. Antisipasinya jika diketemukan akan dilihat dudukan (timbunan) kedalaman seperti apa. Kalau tidak sesuai spek akan kita sesuaikan speknya," papar Dirut PDAM Karanganyar Prihanto, di sela-sela memperingati HUT ke-38 PDAM Karanganyar, Selasa (23/2). 

Pihaknya menargetkan, tahun 2021 ini meraup Rp3 miliar, sesuai dengan program  penyertaan setor kas daerah (kasda).

Di usianya saat ini, PDAM Karanganyar, akan maksimal dalam melayani pelanggan. Pihaknya rutin untuk melakukan evaluasi jaringan. Salah satu diantaranya dengan penggantian pipa saluran.

Ada sekitar 15 persen yang dilakukan penggantian. Terutama di wilayah perkotaan dan Karanganyar bagian selatan (Jatiyoso dan Jumapolo).

"Saat ini musim penghujan waktu yang tepat mengganti jaringan (pipa) yang masih 3/4 akan diganti dengan pipa 2 dim," jelasnya.

Menurutnya alasan pergantian supaya layanan air ini bisa merata. Penggantian ini agar aliran yang paling bawah atau paling atas tidak mengalir.  Sehingga pada saat pemakaian puncak semua bisa mengalir.

 "Prosentasi pergantian pipa saat ini sudah lakukan hingga bulan ini sudah hampir 30 persen dari target 60 persen. Dengan pergantian ini maka pemakaian akan lebih banyak sehingga pendapatan akan lebih tinggi," imbuhnya. 

Rangkaian peringatan HUT ke-38, dilaksanakan tradisi pelepasan burung di Taman Pancasila dan menebar benih ikan di Waduk Gondang.

Tradisi melepas burung dengan harapan PDAM akan melambung tinggi di  angkasa sementara melepas ikan di waduk Gondang agar seperti ikan akan berkembang biak.

"Harapannya semakin tahun PDAM akan bertambah maju," pungkasnya.[sth]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00