Istri Mantan Kepala Kartel Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman Ditangkap Di Amerika

Dunia  SELASA, 23 FEBRUARI 2021 , 10:02:00 WIB | LAPORAN: STEFY THENU

Istri Mantan Kepala Kartel Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman Ditangkap Di Amerika
RMOLJateng. Aparat keamanan AS menangkap Emma Coronel Aispuro, istri dari mantan pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman yang saat ini mendekam dipenjara.

Departemen Kehakiman AS mengkonfirmasi, Coronel ditangkap pada Senin (22/2) waktu setempat, atas dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional.

Perempuan berusia 31 tahun itu ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia utara, dan diperkirakan akan hadir di pengadilan federal di Washington pada Selasa (23/2), seperti dilaporkan Reuters.

Pengacara Coronel belum dapat dihubungi. Tidak jelas mengapa Coronel, seorang warga negara ganda AS-Meksiko, berada di wilayah Washington saat itu. Namun, Coronel didakwa berkonspirasi untuk mendistribusikan heroin, kokain, mariyuana, dan metamfetamin untuk diimpor secara tidak sah ke Amerika Serikat.

Dilansir Kantor Berita RMOL, Jaksa penuntut mengatakan Coronel juga bersekongkol untuk membantu suaminya dalam pelariannya pada Juli 2015 dari penjara Altiplano di Meksiko, ketika dia menggali terowongan sepanjang satu mil dari selnya, dan mulai merencanakan pelarian kedua setelah ditangkap oleh pihak berwenang Meksiko pada Januari 2016.

Penangkapan Coronel terjadi dua tahun setelah pengadilan yang digelar di Brooklyn di mana suaminya, Guzman (63), dihukum karena memperdagangkan berton-ton narkoba ke Amerika Serikat. Jaksa penuntut mengatakan, dia mengumpulkan kekuasaan melalui pembunuhan dan perang dengan kartel saingannya.[sth]

Komentar Pembaca
Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

RABU, 24 FEBRUARI 2021 , 11:35:01

Kapolda Jateng Dan Pangdam Tinjau Posko PPKM Skala Mikro
Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

SABTU, 20 FEBRUARI 2021 , 19:55:16

Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00