Saat Pamitan, Satgas Pamtas RI-PNG 413 Kostrad Dikejutkan Penyerahan Senjata Oleh Kepala Suku Kampung Kufu

Nusantara  MINGGU, 14 FEBRUARI 2021 , 18:55:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Saat Pamitan, Satgas Pamtas RI-PNG 413 Kostrad Dikejutkan Penyerahan Senjata Oleh Kepala Suku Kampung Kufu
RMOLJateng. Menjelang purna Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG di Sektor Utara Provinsi Papua, Pos Skofro Baru, Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad bersama warga Kampung Kufu Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom menggelar acara syukuran sekaligus perpisahan warga dengan Satgas Yonif 413.

Namun saat pamitan, Satgas Pamtas RI-PNG dikejutkan dengan pemberian pucuk senjata organik jenis CR BSAC9 SHT 1918 L.E III secara sukarela oleh LS, yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Kampung Kufu, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. Senjata tersebut diserahkan melalui Kapten Hervin, mewakili Dansatgas Pamtas RI-PNG.

"Sebelum kalian kembali, saya berikan senjata ini kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad. Kami sudah tidak membutuhkan lagi senjata ini, karena peperangan antar Kampung sudah lama selesai. Untuk itu, barang ini saya serahkan secara sukarela kepada Negara melalui kalian Satgas Yonif MR 413 Kostrad," kata LS terharu, seperti disampaikan dalam rilis Pensatgas 413, yang diterima Sabtu 13 Februari 2021.

"Kalau kami boleh meminta tim Pos Skofro Baru tetap tinggal disini tapi itu tidak mungkin. Kalian merupakan utusan Tuhan yang mau menginjakkan kaki di Kampung kami serta berhasil membangun Gereja suci yang sudah lama diimpikan oleh warga Kufu," imbuh Niko salah satu tokoh pemuda.

Kebersamaan Kampung Kufu dengan Pos Skofro Baru memang sulit untuk dipisahkan. Sejak pertemuan pertama mereka di awal bulan September 2020 lalu, sudah banyak kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin.

Pembangunan Gereja, pengobatan keliling, dan jalinan tali silaturahmi merupakan saksi bisu dari eratnya hubungan yang mereka bina, telah meninggalkan kesan yang sangat mendalam.

"Puji syukur saat ini kami sudah berada di penghujung Tugas Operasi dan menginjak di bulan kedelapan masa penugasan. Dengan demikian maka Satuan kami tidak lama lagi akan kembali ke homebase dan meninggalkan banyak kisah kebersamaan dengan masyarakat Perbatasan RI-PNG,"  ungkap Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, dalam rilisnya.

Dijadwalkan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad akan menyelesaikan masa tugasnya di bulan April. Sejumlah persiapan sudah dilakukan sejak awal. [jie]





Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00