Pemerintah Nunggak Biaya Pasien Covid, RS Menjerit

Kesehatan  SELASA, 26 JANUARI 2021 , 22:32:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Pemerintah Nunggak Biaya Pasien Covid, RS Menjerit
RMOLJateng. Jumlah kasus Covid-19 di Jakarta masih terus meroket setiap harinya. Alhasil, stok ruang isolasi di rumah sakit Jakarta pun makin menipis.

Menurut Sekjen Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), Ichsan Hanafi, penggunaan tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) sudah cukup tinggi.

"Untuk tempat tidur isolasi dan ICU sudah di atas 80 persen," ungkapnya, Selasa (26/1), dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Tantangan yang dihadapi pihak rumah sakit saat ini tidak hanya soal kesanggupan menambah kapasitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19.

Lebih jauh lagi, tantangan lainnya juga datang dari sisi keuangan rumah sakit, lantaran Pemerintah tak kunjung membayar klaim biaya perawatan pasien.

"Kita harus akui, kita kan saat ini berusaha mengikuti surat edaran yang dikeluarkan pemerintah untuk menambah kapasitas tempat tidur. Cuma kan buat menambah itu kita perlu dana. Nah kami harap, pembayaran klaim yang kami ajukan segera dibayarkan," jelasnya.

Ichsan pun membeberkan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat soal pembayaran klaim ini.

"Kita sudah sampaikan. Tapi memang kelihatannya dari Departemen Keuangan belum turun," sambungnya.

Ia pun berharap Pemerintah dapat segera membayarkan klaim-klaim yang tertunda tersebut, yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah pada pertengahan atau akhir Februari.

Dari November-Desember belum dibayar ya. Jadi sudah tiga bulan kurang lebih sampai hari ini. Kondisi saat ini cukup berat. Kami berharap pemerintah segera mencairkan klaimnya," pungkasnya. [hen]


Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00