Evaluasi Pilwalkot Semarang, Bawaslu : Tidak Ada Temuan Yang Serius

Politik  JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 20:51:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Evaluasi Pilwalkot Semarang, Bawaslu : Tidak Ada Temuan Yang Serius
RMOLJateng. Tahapan Pilwalkot 2020 Semarang telah usai, usai penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Muhammad Amin, mengatakan jika dalam pelaksanaan Pilwalkot 2020 dianggap aman dan terkendali, bahkan temuan-temuan serius terkait pelanggaran pidana tidak ditemukan selama masa Pilwakot. Temuan dari Bawaslu hanya seputar pelanggaran administrasi.

"Secara keseluruhan Pilwalkot berjalan lancar dan sukses, mulai dari tahap pendataan DPT, pencalonan, penetapan calon, kampanye hingga pemungutan suara sampai penghitungan suara semua aman dan lancar," kata Amin, Jumat (22/1).

Amin juga menambahkan, terkait protokol kesehatan, karena Pilwalkot berlangsung pada masa pandemi, Prokes sangat dijaga dengan baik oleh semua pihak yang terlibat dalam Pilwalkot. Terbukti dengan tidak adanya klaster baru yang muncul saat Pilwalkot, seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Namun demikian, dirinya melihat masih banyak hal yang harus diperbaiki kedepannya, terutama terkait dengan distribusi logistik dan penyesuaian regulasi dengan kondisi dilapangan.

"Kami melihat untuk pengkinian DPT, seharusnya waktunya lebih lama karena memakai E-KTP yang memerlukan proses, selain itu perekrutan anggota juga harusnya diperpanjang batas waktunya," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

RABU, 24 FEBRUARI 2021 , 11:35:01

Kapolda Jateng Dan Pangdam Tinjau Posko PPKM Skala Mikro
Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

SABTU, 20 FEBRUARI 2021 , 19:55:16

Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00