Pengungsi Korban Gempa Sulbar Tiba di Bandara Adi Soemarmo

Daerah  KAMIS, 21 JANUARI 2021 , 16:15:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Pengungsi Korban Gempa Sulbar Tiba di Bandara Adi Soemarmo
RMOLJateng. Sebanyak 54 orang  pengungsi korban gempa bumi di Sulawesi Barat dipulangkan ke Jawa Tengah melalui Bandara Adi Soemarmo.

Mereka tiba di Bandara Solo langsung menjalani tes swab. Hasilnya ada lima orang dinyatakan positif covid. Mereka yang positif akan langsung diisolasi di Asrama Haji Donohudan. Sementara bagi mereka yang negatif akan transit ke Solo Technopark.

Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, sampaikan total jumlah pengungsi gempa Majene sebanyak 54 orang.  Dua orang merupakan warga Magelang dan dua orang lagi warga Demak. Sementara sisanya dari  Soloraya.
 
"Sebanyak 54 orang turun di Bandara Adi Soemarmo Solo, sementara lainnya melanjutkan perjalanan ke Bandara Abdurrahman Saleh, Malang, Jawa Timur. Dengan menggunakan  Pesawat Hercules dengan nomor penerbangan A-1330," paparnya kepada awak media, Kamis (21/1).

Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah, Harso Susilo menambahkan para pengungsi akan ditempatkan di Solo Techno Park (STP) sebagai lokasi transit sementara.

Setelahnya, para pengungsi tersebut akan difasilitasi untuk kembali ke rumah keluarganya masing-masing.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk sementara memfasilitasi mereka yang menjadi korban gempa di Mamuju dan Majene.

"Pemkot Solo telah menyiapkan STP untuk transit sementara. Dan masih ada 14 orang lain yang terpaksa ditinggal di Makassar karena diketahui hasil tes antigennya positif," lanjutnya.

Sementara itu Sukoyo (49) salah satu pengungsi asal Jumantono, Karanganyar mengaku kondisi rumahnya di Mamuju sebagian rusak dan mengalami retak-retak.

Sukoyo yang sudah lebih dari 18 tahun merantau di Kota Mamuju, dan memiliki usaha warung bakso terpaksa kembali ke Jawa untuk sementara waktu bersama enam anggota keluarganya.

"Ya sementara pulang dulu, tunggu kondisi di sana stabil dulu. Untuk sementara pulang kampung dulu," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

RABU, 24 FEBRUARI 2021 , 11:35:01

Kapolda Jateng Dan Pangdam Tinjau Posko PPKM Skala Mikro
Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

SABTU, 20 FEBRUARI 2021 , 19:55:16

Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00