Selain Covid-19, Disnakkeswan Jateng Minta Masyarakat Juga Waspadai Virus Ini

Kesehatan  SENIN, 18 JANUARI 2021 , 10:17:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Selain Covid-19, Disnakkeswan Jateng Minta Masyarakat Juga Waspadai Virus Ini
RMOLJateng. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah mengimbau masyarakat berhati-hati dengan adanya virus African Swine Fever (ASF). Hal tersebut menyusul temuan Disnakkeswan terkait babi yang terpapar ASF atau Flu Babi Afrika tersebut.

Staff Disnakkeswan Jateng, Agung Sri Kuncoro, mengatakan flu babi merupakan salah satu penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia. Kata dia, temuan babi yang mati akibat terpapar ASF terdapat di eks karesidenan Solo.

"Penyakit ini sangat berbahaya. Kami minta masyarakat juga mewaspadai adanya hal ini, karena tipe penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia," kata Agung, Senin (18/1).

Agung menegaskan, jika ada peternak babi yang mendapati babi terindikasi sakit ASF diharapkan segera melapot kepada dinas terkait. Menurutnya, berdasar laporan tersebut pihaknya akan menindaklanjuti agar penyakit tidak menyebar.

"Kami akan lakukan disinfeksi. Kemudian kalau ada babi yang mati, bangkainya jangan dibuang di sungai, karena dapat menyebarkan penyakit. Lebih baik dimusnahkan, dibakar, kemudian dikubur," tambahnya.

Lebih jauh, Agung mengimbau kepada masyarakat apabila akan menyembelih babi, dapat dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Menurutnya, kondisi hewan akan dicek dulu sebelum disembelih. Jika ditemukan penyakit, atau terpapar ASF akan segera ditangani. [jie]





Komentar Pembaca
Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

RABU, 24 FEBRUARI 2021 , 11:35:01

Kapolda Jateng Dan Pangdam Tinjau Posko PPKM Skala Mikro
Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

Banjir Jakarta 2021, Kenapa?

SABTU, 20 FEBRUARI 2021 , 19:55:16

Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00