Penyelam Denjaka Lakukan Pencarian Secara Manual Baterai CVR Yang Lepas

Nusantara  MINGGU, 17 JANUARI 2021 , 23:07:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Penyelam Denjaka Lakukan Pencarian Secara Manual Baterai CVR Yang Lepas
RMOLJateng. Baterai kotak hitam cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air dilaporkan terlepas. Oleh karenanya, tim penyelam dari Detasemen Jalamangkara menggunakan metode manual untuk melakukan pencarian.

Dikutip dari Kantor Berita RMOL, tim penyelam tidak menggunakan finder locator yang sebelumnya digunakan, melainkan hanya mengandalkan mata penyelam dan meraba-raba dasar laut untuk mencari puing-puing pesawat, terutama memori CVR yang saat ini tengah dicari.

"Yang pasti karena baterainya sudah terlepas, jadi pencariannya tidak bisa lagi pakai alat Finger Locator. Jadinya mencari secara manual saja," ucap Pasops Denjaka, Letkol Mar Romanimbun Butarbutar, Minggu (17/1).

"Kecuali kalau baterainya masih nempel, masih bisa dilacak dengan menggunakan pinger locator," imbuhnya.

Denjaka juga sempat menggunakan robot ROV milik BPPT yang ada di Kapal Baruna Jaya untuk mendeteksi secara visual di dasar laut.

"Saat ini ada juga menggunakan Robot RIV milik Kapal Riset Baruna Jaya IV yang bisa mendeteksi secara visual di dalam air dengan menggunakan kamera,"katanya.

Dia menambahkan, kondisi di dasar laut masih banyak puing-puing dari pesawat Sriiwjaya Air. Diharapkan dalam waktu dekat Denjaka bisa menemukan memori CVR yang berada di dekat tumpukan puing tersebut.

"Kondisi di bawah itu banyak tumpukan serpihan pesawat dekat ditemukannya FDR dan baterai CVR, jadi bisa saja CVR berada di tumpukan puing-puing pesawat atau mungkin juga tertanam di dalam dasar laut," tandasnya. [hen]




Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00