Bupati Purbalingga Laporkan Akun Facebook Palsu Ke Polisi

Daerah  JUM'AT, 15 JANUARI 2021 , 20:07:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Bupati Purbalingga Laporkan Akun Facebook Palsu Ke Polisi
RMOLJateng. Akun Facebook palsu yang menggunakan nama Bupati Purbalingga 'Dyah Hayuning Pratiwi' dengan nama dan foto Bupati Tiwi dilaporkan ke Polres Purbalingga.

Bupati Tiwi dalam hal ini menunjuk Kepala Bagian Hukum, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) dan Kasubag Bantuan Hukum pada Setda Purbalingga untuk memproses akun palsu atas nama dirinya.
 
Kepala Bagian Hukum Setda Purbalingga, Riyadi Sugeng Subroto, SH mengatakan, prosedur administrasi terkait pengaduan akun palsu Bupati Tiwi telah diserahkan pada pihak Polres Purbalingga untuk ditindaklanjuti.

Ia meminta agar pihak Polres Purbalingga membantu mengusut secara tuntas dan menangkap pemilik akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Tiwi.

"Pemilik akun palsu tersebut sudah mencemarkan nama baik Bupati Purbalingga dan melakukan penipuan," kata Sugeng, Jumat (15/1).
 
Sugeng menjelaskan surat terkait pengaduan akun palsu sudah dikirim langsung ke Polres Purbalingga dan sudah diterima oleh Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter).

Ia menuturkan akun palsu atas nama Dyah Hayuning Pratiwi ini memang bukan pertama kalinya ada.
 
"Beberapa waktu lalu juga sempat ada akun palsu mengatasnamakan Ibu Bupati dan agar tidak terulang lagi kami berkoordinasi dengan Polres Purbalingga untuk membantu mengusut pelakunya," ujarnya.
 
Ia menerangkan, akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Tiwi di facebook telah melakukan penipuan dengan meminta kode verifikasi yang dikirim ke beberapa nomor Whatsapp pemilik facebook.

Sebelumnya, pemilik akun palsu sudah melakukan obrolan dan meminta nomor Whatsapp dan kode notifikasi.
 
"Kasus ini harus segera ditindaklanjuti dan diusut secara tuntas agar tidak meresahkan warganet dan tidak mencoreng nama baik Bupati Tiwi," tutur Sugeng.
 
Ia berharap pemilik akun palsu tersebut segera ditemukan dan diproses secara hukum. Kasus ini juga menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat Purbalingga agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial.
 
"Jangan sampai media sosial ini disalahgunakan untuk hal-hal negatif karena ini akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain," ungkapnya. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00