26 Narapidana Bebas Dari Lapas Kedungpane Setelah Dapat Asimilasi

Hukrim  JUM'AT, 15 JANUARI 2021 , 08:17:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

26 Narapidana Bebas Dari Lapas Kedungpane Setelah Dapat Asimilasi
RMOLJateng. Sebanyak 26 narapidana bebas dari Lembaga Pemasyarakatan klas I Kedungpane Semarang. Kepala Lapas Kedungpane, Dadi Mulyadi, mengatakan pembebasan narapidana tersebut dalam rangka asimilasi di rumah dan bebas bersyarat.

Pembebasan tersebut, menindaklanjuti peraturan Menkumham Nomor 32 Tahun 2020 Tentang Syarat Pemberian Asimilasi.

"Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19," kata Dadi, Jumat (15/1).

Dadi menambahkan, narapidana yang dipulangkan tersebut memenuhi syarat untuk pelaksanaan asimilasi di rumah. Selain itu, mereka bukan narapidana yang melakukan pengulangan tindak pidana (residivis) serta bukan pidana lebih dari satu perkara.

Menurutnya, asimilasi ini juga menjadi langkah yang tepat agar tidak ada penularan Covid-19 di dalam Lapas, mengingat lapas sangat rentan terjadinya penularan Covid-19.

Lebih jauh, Dadi mengungkap bahwa nantinya akan ada penambahan jumlah napi yang bebas asimilasi. Namun, lanjut dia, masih menunggu hasil putusan incracht dari pengadilan dan syarat-syarat administratif yang harus dipenuhi.

"Program ini mengharuskan narapidana tidak keluar rumah sesuai dengan surat pernyataan yang telah ditandatangani diatas materai enam ribu. Kami lakukan pantauan melalui petugas Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan secara daring,” jelas Dadi. [jie]





Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00