Ikut Divaksin Pertama, Ketua MUI Semarang Sudah Siap Mental

Daerah  KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 15:51:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Ikut Divaksin Pertama, Ketua MUI Semarang Sudah Siap Mental
RMOLJateng. Ketua MUI Kota Semarang, Prof. Dr. KH. Erfan Soebahar termasuk dalam daftar tokoh yang turut divaksin di hari pertama.

Erfan Soebahar mengaku sangat siap dan mengaku segar bugar serta tidak ada reaksi apapun pada tubuhnya.

"Sejauh ini setelah divaksin kok belum merasakan apa-apa, masih enak saja, karena yang penting sih kita siap mental ya, dan bahwa vaksin ini dalam rangka keselamatan jiwa kita semua,” ujarnya usai disuntikan vaksin Sinovac, Kamis (14/1).
 
Dirinya mengatakan, jika vaksin yang diberikan ini halal dan suci, jadi tidak ada alasan bagi masyarakat untuk menolak diberikan yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Harapannya tentu dengan adanya vaksin ini semua masyarakat bisa lebih sehat dan semakin sedikit yang terpapar virus corona.
 
"Bagi MUI vaksin itu halal dan suci untuk itu tidak ada kesulitan bagi kita untuk menerima itu, karena agama itu menilai sehat itu nomer 3 setelah Iman, Islam, Sehat, nah kalau sudah Iman, Islam tapi tidak sehat nanti susah solat, susah melakukan aktivitas,” ungkapnya.
 
Selain kesiapan mental yang menjadi kunci utama sebelum menerima vaksin, dirinya juga membeberkan pola hidup sehat seperti banyak minum air putih dan makanan sehat,serta olahraga dan tidur cukup juga berpengaruh pada kesehatan fisik orang sebelum menerima vaksin. Karena memang tidak dipungkiri, mereka yang akan disuntikkan vaksin harus memiliki jasmani yang sehat dan sedang tidak memiliki tekanan darah tinggi.
 
"Dari MUI sepenuhnya setuju terkait vaksin bahkan keputusan dari MUI pusat, lalu kami jelaskan bahwa bagian dari agama yang esensial adalah memperhatikan tentang perkembangan kejiwaan seseorang untuk aktivitas keagamaan, dan Islam peduli dengan hal tersebut,” tandasnya.
 
MUI juga menyambut positif tentang vaksinasi yang digadang pemerintah Indonesia.
 
"Komisi Kesehatan yang baru saja dibentuk ini kami akan merangkul semua hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat akan kami usahakan sebaik-baiknya untuk masyarakat indonesia yang lebih baik. Dan ini kami mulai dari Kota Semarang, harapannya nanti kota lain bisa menyusul hal yang serupa,” pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00