Beraksi di 16 TKP, Komplotan Begal Ditembak Unit Resmob Polrestabes Semarang

Hukrim  KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 14:21:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Beraksi di 16 TKP, Komplotan Begal Ditembak Unit Resmob Polrestabes Semarang
RMOLJateng. Petugas Unit Resmob Polrestabes Semarang berhasil membekuk komplotan Begal yang sudah beraksi di 16 TKP di wilayah hukum Kota Semarang.

Saat ditangkap petugas langsung melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki pelaku dengan timah panas.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Indra Mardiana mengungkapkan, pelaku pencurian dengan kekerasan yang berhasil dibekuk masing-masing RH (16) warga Condromusumo, Semarang Barat, Desta Saputra (31) Warga Kuasen Rejo Gunungpati dan Vendi Susilo (29) warga Kedungpane, Mijen. Ketiganya merupakan residivis pada kasus pencurian dan pemerkosaan.

"Dua orang kami berikan tindakan tegas terukur karena berusaha kabur saat hendak menuju ke persembunyian tersangka lainnya. Sementara dua orang penadah hasil kejahatan juga kita amankan," ungkap AKBP Indra Mardiana dalam rilis kasus yang didampingi Kanit Resmob Iptu Reza Arif Hadafi, Kamis (14/1/21).

Aksi komplotan begal yang dikomandoi oleh RH ini kali terakhir beraksi di depan Toko Bamgunan Barokah, Polamanan, Mijen Kota Semarang pada Sabtu (9/1). Bahkan aksi mereka ini sempat terekam kamera pengawas CCTV saat pelaku merampas tepon genggam.

Saat beraksi komplotan ini menggunakan senjata api mainan berupa korek api untuk menakut-nakuti korbanny. Bahkan saat beraksi pelaku sempat memukul korban menggunakan senpi mainan. Dari situlah kami menelusuri jejaknya,” imbuhnya.

Setelah melakukan penyelidikan tim yang dipimpin oleh Aiptu Janadi kali pertama menangkap RH di rumahnya. Lantas dari petunjuknya petugas selanjutnya menangkap Desta dan Vendi beserta dua orang penadah barang hasil curian masing-masing Andika Bagus dan Djoko Sugiyono. Keduanya merupakan warga Jalan Srikandi, Semarang Utara.

Dari tangan pelaku petugas berhasil menyita barang bukti berupa 40 telpon genggam berbagai merk, sepeda motor serta senpi mainan berupa korek yang dipakai saat melakukan tindak kejahatan. Tiga pelaku begal ini dijerat dengan pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman setidaknya 12 tahun penjara.

Sementara para penadah barang hasil kejahatan dijerat dengan pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman setidaknya empat tahun penjara. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00