Buntut Protes Jam Operasional Pedagang Malam, Muncul SK Gubernur

Daerah  KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 13:53:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Buntut Protes Jam Operasional Pedagang Malam, Muncul SK Gubernur
RMOLJateng. Beredarnya video Bupati Sukoharjo yang diprotes pedagang saat menutup warung yang melebihi jam operasional, membuahkan hasil.

Akhirnya beredar surat edaran atas nama dari Gubernur Jawa Tengah, yang isinya penegasan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Tengah. Yang diberlakukan serentak di 23 Kabupaten Kota yang ikut PSBB di Jateng.

"Ada sedikit penyesuaian atas aturan PPKM dari Gubernur Jateng, nanti aturannya serentak disamakan di seluruh Jawa Tengah, agar tidak ada iri dan pelaksanaannya seragam," ungkap Sutarmo, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Kamis (14/1).

Ada empat poin yang disampaikan dalam SE nomor 443.5/0000870, tertanggal 13 Januari 2021, yakni jam operasional warung makan tetap sampai pukul 19.00 wib, namun boleh menerima layanan pesanan antar (take away) sampai pukul 21.00 wib.

Pelaksanaan Work From Home (WFH) di laksanakan sesuai kondisi wilayah masing-masing. Kegiatan sosial budaya yang menimbulkan kerumunan (pengajian, hajatan, perkumpulan warga dll) ditiadakan.

Operasional tempat hiburan, tempat olah raga, objek wisata dan sejenisnya, ditutup atau sangat dibatasi pengunjung dan jam operasional.

Menanggapi terbitnya SE susulan, Abel Syukur, pengelola Marki Food Centre Citywalk Sukoharjo, yang videonya viral, menyambut positif.

"Ini yang namanya solusi, meskipun masih berat tapi ada harapan kami untuk bisa mendapatkan rejeki," ungkap Abel.

Abel mengakui omset selama PPKM turun hingga 70 persen, namun dengan adanya kebijakan kelonggaran baru membuatnya bisa menambah omzet.

"Kami siap mengikuti semua aturan pemerintah dan kami juga ingin memutus rantai  covid19, tapi kami juga ingin ada kebijakan khusus bagi kami, pedagang yang berjualan dimalam hari," tandas Abel. [jie]



Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00