Kejari Salatiga Buat Terobosan, Selesaikan Perkara Pencurian Ponsel Dengan Restorative Justice

Hukrim  RABU, 13 JANUARI 2021 , 11:23:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Kejari Salatiga Buat Terobosan, Selesaikan Perkara Pencurian Ponsel Dengan Restorative Justice
RMOLJateng. Kejaksaan Negeri (Kejari) membuat terobosan dibidang hukum dengan menerapkan Restorative Justice dalam perkara kecil, yakni pencurian ponsel kerugian Rp 400 ribu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Salatiga Gede Edy Bujanayasa mengatakan, upaya restorasi justice yang di terapkan Kajari Salatiga salah satu di Jateng.

"Ini terobosan Kejari Salatiga yang berhasil menerapkan Restorative Justice (keadilan restoratif). Saat kita ajukan ke Mahkamah Agung (MA) bersama tiga daerah lain yakni Blora dan Kebumen, cuma Salatiga yang disetujui," kata Kajari, Rabu (13/1/2021).

Perkara kecil diselesaikan tanpa ke Pengadilan ini, diakui Kajari perlu keberanian pimpinan. Dan penegakkan hukum tidak semua bermuara ke pengadilan.

Ditambahkannya, penghentian perkara melalui mekanisme restorative justice diatur dalam Peraturan Kejaksaan (Perja) Nomor 15 Tahun 2020 tentang penghentian penuntutan dan diundangkan pada akhir Juli 2020.

Ditambahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nana Rosita Sari yang menanggani penyelesaian perkara pencurian HP dengan upaya restorasi justice
bisa dilakukan jika memenuhi beberapa persyaratan.

Di antaranya, tersangkanya baru pertama kali melakukan tindak pidana, tindak pidana hanya diancam dengan pidana denda, atau ancaman hukumannya tidak lebih dari 5 tahun. Selain itu, nilai kerugian atau nilai barang bukti yang ditimbulkan tidak lebih dari Rp 2,5 juta.

"Selain itu, telah ada kesepakatan perdamaian antara korban dengan tersangka. Jika tidak ada maka upaya restorasi justice tidak bisa," paparnya. [jie]

Komentar Pembaca
Klarifikasi Ambroncius Nababan

Klarifikasi Ambroncius Nababan

SELASA, 26 JANUARI 2021 , 15:15:00

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 15:05:00

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00

Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Penanaman Pohon Mangrove Di Hutan Tugu Mangunharjo Semarang