Virus Corona Mudah Menempel Pada Orang Dengan Penyakit Hipertensi

Kesehatan  SELASA, 12 JANUARI 2021 , 18:45:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Virus Corona Mudah Menempel Pada Orang Dengan Penyakit Hipertensi
RMOLJateng. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menyerang pernafasan, ternyata akan lebih cepat berkembang  biak pada mereka yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam, Hipertensi dan diabetes menjadi salah satu komorbid yang bisa membawa orang yang tertular covid kondisinya akan lebih cepat memburuk.

"Jadi virus ini tidak bisa nempel karena bentuknya RNA, dia butuh replikasi atau berkembang biak ketika dia nempel ke sel, nah yang paling cocok adalah dengan reseptor orang-orang hipertensi," jelas Hakam, Selasa (12/1).

Virus Corona memang akan lebih mudah masuk ke sel tubuh jika orang yang terpapar memiliki Hipertensi ataupun Diabetes dalam kondisi tidak normal. Itulah sebabnya, jika banyak pasien covid dengan Komorbid akan lebih susah tertolong terlebih jika gejala klinisnya memburuk.

"Terlebih bagi pasien dengan riwayat diabetes, hipertensi, jika tidak terkontrol maka virus mudah masuk, bahkan angka kematian tertinggi ada pada pasien diabetes dan hipertensi," ungkapnya.

Hakam mengatakan, dari beberapa literatur, virus tidak akan berubah atau bermutasi saat perubahan iklim. Namun justru pada saat perubahan cuaca hujan dan panas dan membuat sistem kekebalan manusia menurun, sehingga bakteri dan virus mudah masuk.

"Dalam beberapa minggu terakhir pasien covid di Rumah sakit memang angka kesembuhan nya agak delay tidak secepat sebelumnya, dan semenjak Nataru orang yang melakukan swab antigen luar biasa banyak dan dari situ lonjakan kasusnya tidak berhenti," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00