Asrama Haji Sematang Resmi Beroperasional Untuk Karantina OTG

Daerah  SENIN, 11 JANUARI 2021 , 15:11:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Asrama Haji Sematang Resmi Beroperasional Untuk Karantina OTG
RMOLJateng. Ruang transit asrama haji di daerah Manyaran Kota Semarang resmi beralihfungsi sebagai rumah karantina untuk orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam mengatakan, mulai hari ini rumah dinas akan dialihkan fungsi sebagai rumah sakit darurat. Hal ini mengingat semakin banyaknya pasien konfirmasi positif di Semarang.
 
"Hari ini dilaksanakan penandatangan MOU antara Pemerintah Kota Semarang dengan Kanwil Kemenag dan selanjutnya hari ini langsung bisa kita gunakan Ruang Transit Asrama Haji di wilayah Manyaran,” kata Hakam, saat ditemui di Balaikota Semarang, Senin (11/1).

Menurut Hakam, ruang transit ini berkapasitas 150 tempat tidur terbagi di lima gedung. Meliputi gedung Makkah, Madinah, Arafah, Mina dan Raudhoh.

Ruang Transit Asrama Haji memang sudah sejak masa pandemi tidak digunakan untuk transit calon jamaah haji dari Kota Semarang.

Untuk itu Hakam menjamin jika ruang transit tersebut dalam kondisi aman dan steril.

Selain itu, pihaknya hari ini juga mengecek ulang fasilitas yang ada di Asrama Haji agar saat pasien OTG tiba, tidak ada lagi kekurangan fasilitas.
 
"Jadi masing-masing ruangan ada kamar mandinya dua di dalam dan diluar, lalu bangsal atau tempat tidurnya juga asli dari sana, karena selama pandemi kan memang tidak digunakan jadi memang steril, kemudian untuk kegiatan senam atau peregangan mereka punya lapangan yang luas sekali, jelasnya.
 
Hakam melanjutkan, pasien dengan hasil swab PCR positif namun tidak ada kondisi klinis akan ditempatkan di ruang transit asrama haji. Sedangkan, mereka yang memiliki gejala klinis sedang akan masuk ke rumah dinas walikota.
 
Hakam menambahkan, untuk tenaga kesehatan di asrama haji juga sudah disiapkan dan akan dibagi melalui shifting. Mulai dari dokter dan perawatnya, termasuk ada 13 petugas dari asrama haji yang akan membantu dan dimasukkan ke dalam tim.

"Setiap rumah sakit di Semarangpasti setiap bulannya akan menambah ruang isolasinya, bahkan ruangan yang sebetulnya tidak untuk covid kemudian harus dimodifikasi dan dipakai untuk pasien covid, pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00