Aniaya Perwira, Mantan Kasubdit Paminal Dilaporkan Ke Polda Jateng

Hukrim  SENIN, 11 JANUARI 2021 , 14:36:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Aniaya Perwira, Mantan Kasubdit Paminal Dilaporkan Ke Polda Jateng
RMOLJateng. Mantan Kasubdit Pengamanan Internal (Paminal) Poda Jateng beserta satu anggotanya dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jateng terkait dugaan penganiayaan yang dilakukan terhadap mantan Kanit 3 Tipidkor Satreskrim Polres Pekalongan Kota Iptu Joyo Suharto yang dilakukan pada sekira bulan Oktober 2019.

Kepada RMOLJateng Iptu Joyo Suharto yang saat ini berdinas di Dit Samapta Polda Jateng ini bertutur bahwa penganiyaan yang dilakukan oleh AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan Adhityawarman Gautama Putra terkait beberapa kasus yang ada di Sat Reskrim Polres Pekalongan Kota antara lain penahanan sebuah truk pengangkut batu bara dari arah Cirebon.

"Awalnya sopir truk batubara yang bernama Nurkholib ini melaporkan ke Paminal Polda Jateng terkait truk pengangkut batu bara yang tidak kunjung dilepaskan," ungkap Iptu Joyo.

Iptu Joyo menambahkan  sebelum penganiayaan tersebut dirinya dipanggil oleh AKBP Ronny (saat ini menjabat sebagai Kapolres Pemalang) dan AKP Sugiharto untuk menghadap di ruang Wakapolres.

Didalam ruang tersebut  dua telpon genggamya sempat diminta dengan alasan untuk diperiksa dan Iptu Joyo disuruh membuka semua data .

"Saya juga sempat di tes urine atas perintah AKBP Ronny karena dianggap mengkonsumsi narkoba. Setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif," imbuhnya.

Setelah dilakukan proses pemeriksaan hingga hari Kamis 10/10/20 sekira pukul 03.00  Iptu Joyo dipaksa untuk "membuka" kasus yang diduga mengarah ke mantan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Fery Sandy Sitepu terkait setoran pengusaha batu bara. AKBP Ronny saat itu juga sempat melempar sandal dan mengenai muka Iptu Joyo.

Lebih lanjut Iptu Joyo mengungkapkan bahwa pemeriksaan kembali dilakukan oleh Paminal Polda Jateng pada pukul 14.00 di ruang Kasie Propam Polres Pekalongan Kota.

Dalam pemeriksaan tersebut AKBP Rony kembali meminta dan mendesak Iptu Joyo untuk bercerita dan "membuka" permasalahan yang belum jelas

"Waktu itu AKBP Ronny bertanya lagi 'udah kamu mau cerita nggak? trus saya jawab 'mohon maaf ndan cerita yang mana?. Saya langsung ditampar oleh pak Ronny disusul oleh pukulan yang dilakukan oleh pak Adhitya mengenai kepala sebanyak tiga kali," katanya.

Akibat penganiyaan tersebut Iptu Joyo mengalami beberapa luka dibagian kepala dan mengharap untuk mendapat keadilan dan melaporkan tindakan anggota Paminal ke ranah pidana umum melalui SPKT Polda Jateng.

Akibat permasalahan tersebut Iptu Joyo mengaku hingga tiga periode belum mendapatkan kenaikan pangkat menjadi AKP walau sempat mendapat job menjadi Kasat Narkoba Polres Purworejo.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar FS  saat dikonfirmasi mengaku belum menerima berkas Laporan bernomor STTLP/1/I/2021/JATENG/SPKT tertanggal 01 Januari 2021 yang melaporkan AKBP Ronny dan Kompol Adhityawarman Gautama sesuai dengan LP Nomor LP/B/1/1/2021/JATENG/ DITRESKRIMUM tanggal 01 Januari 2021.

"Nanti akan saya konfirmasikan kepada Kadib Propam terkait laporan ini," pungkas Kombes Iskandar F S di ruang kerjanya, Senin (11/1/2021). [jie]







Komentar Pembaca
Klarifikasi Ambroncius Nababan

Klarifikasi Ambroncius Nababan

SELASA, 26 JANUARI 2021 , 15:15:00

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 15:05:00

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00

Penanaman Pohon Mangrove Di Hutan Tugu Mangunharjo Semarang
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang