Over Kapasitas, 43 Narapidana Lapas Kedungpane Semarang Dipindahkan

Daerah  JUM'AT, 08 JANUARI 2021 , 18:06:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Over Kapasitas, 43 Narapidana Lapas Kedungpane Semarang Dipindahkan
RMOLJateng. Sebanyak 43 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas I Kedungpane, Semarang dipindahkan ke sejumlah Lapas di Jawa Tengah.

Kepala Lapas Kedungpane, Dadi Mulyadi mengatakan, pemindahan lapas tersebut lantaran Lapas Kedungpane mengalami over kapasitas.

"Redistribusi 43 narapidana ke sejumlah Lapas di Nusakambangan meliputi sembilan narapidana ke Lapas Besi, 18 narapidana ke Lapas Narkotika dan 16 narapidana ke Lapas Karanganyar," kata Dadi, Jumat (8/1).

Dadi menjelaskan pemindahan tersebut menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah.  

"Saat ini kondisi Lapas Semarang sangat over kapasitas. Dengan kapasitas hunian 663 orang, per hari ini penghuni mencapai 1760 orang yang terdiri dari narapidana dan tahanan," jelas Kalapas.

Selain itu, tambahnya, pemindahan ini juga bertujuan untuk memutus mata rantai jaringan narkoba yang dilakukan oleh narapidana.

Menurutnya, kekuatan regu pengamanan hanya 13 petugas setiap regu jaga. Hal Ini sangat tidak seimbang antara petugas dengan jumlah penghuni saat ini.

"Namun dengan segala keterbatasan jumlah petugas yang ada, Lapas Semarang berkomitmen untuk selalu semangat dalam melaksanakan pekerjaan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada narapidana," kata dia.

Pemindahan dimulai dengan pemberitahuan persuasif secara dadakan kepada narapidana yang akan dipindah sejak Hari Kamis (7/1), pukul 23.00 WIB untuk persiapan dan pengemasan barang bawaan. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00