UNS Teken Kerjasama Dengan ThorCon International Di Bidang Nuklir

Pendidikan  KAMIS, 07 JANUARI 2021 , 16:33:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

UNS Teken Kerjasama Dengan ThorCon International Di Bidang Nuklir
RMOLJateng. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan ThorCon International, Pte. Ltd secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, Kamis (7/1/2021).

Naskah Perjanjian Kerja Sama ditandatangani langsung oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Dra. Okid Parama Astirin, M.Si, dan Kepala Perwakilan Perusahaan Asing ThorCon International, Pte. Ltd, Bob Soelaiman Effendi.

Perjanjian Kerja Sama antara keduanya menyangkut 'Kajian dan Survei Pemetaan Penerimaan Masyarakat atas Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan Kajian Akademik Nuklir sebagai Solusi dari Energi Ramah Lingkungan yang Berkelanjutan untuk Mengejar Indonesia Sejahtera dan Rendah Karbon pada Tahun 2050'.

"Hari ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara ThorCon International, Pte. Ltd dengan UNS yang ditandatangani oleh Rektor UNS dan Pak Bob dalam implementasinya berupa kegiatan kajian dan pemetaan pemetaan penerimaan masyarakat atas rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir," ujar Prof. Sajidan, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNS, mewakili Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, yang juga hadir menyaksikan.

Ia mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama dan sudah disusun model dan proposal sesuai dengan termin waktu yang disepakati oleh UNS dengan ThorCon International, Pte. Ltd.

"Kami berharap kegiatan ini melibatkan banyak peneliti termasuk kerja sama UNS dengan Universitas Bangka Belitung (UBB). Jadi, ini juga adalah kerja sama U-to-U antara UNS dengan UBB dalam hal ini LPPM UBB dengan LPPM UNS,” lanjutnya.

Menanggapi sambutan yang diberikan UNS, Bob Soelaiman Effendi mengatakan, Perjanjian Kerja Sama ini merupakan tonggak sejarah baru bagi dunia pernukliran Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan untuk pertama kalinya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) RI memberikan rekomendasi kepada perusahaan swasta.

"Kegiatan penerimaan masyarakat ini adalah suatu rekomendasi yang diminta Kemenko Marves pada September 2020. Dan, kami menerima rekomendasi untuk melakukan persiapan implementasi,” ucap Bob Soelaiman Effendi.

Selanjutnya, ThorCon International, Pte. Ltd yang menerima rekomendasi penerimaan masyarakat akan meminta UNS untuk mengkaji dan melakukan survei akademik terhadap rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. [jie]





Komentar Pembaca
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00