Minimalisir Kemacetan, Dishub Kota Semarang Akan Pasang Dua Traffic Light Di Banjir Kanal Barat

Nusantara  SELASA, 05 JANUARI 2021 , 18:49:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Minimalisir Kemacetan, Dishub Kota Semarang Akan Pasang Dua Traffic Light Di Banjir Kanal Barat
RMOLJateng. Dinas Perhubungan Kota Semarang akan memasang dua titik Traffic Light di sekitar Banjir Kanal Barat atau Kawasan Taman Madukoro. Pasalnya, kawasan tersebut sudah sering kali terjadi kepadatan kendaraan apalagi saat jam rawan.

"Di Kawasan Taman Madukoro atau Banjir Kanal Barat saat ini arus lalu lintas cukup padat terutama yang akan berputar dari Siliwangi mau masuk ke jalan Madukoro atau yang akan terus ini seringnya bertabrakan dengan yang dari barat ke timur, itu nanti karena kebutuhan sudah sangat mendesak maka akan kita normalisasi dengan pembuatan traffic light di tempat itu," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro P. Martanto, Selasa (5/1).

Sebelumnya traffic light memang sudah terpasang dari arah Jembatan Banjir Kanal Barat, namun karena dinilai kurang efektif setelah dikaji ulang bersama jajaran Satlantas, maka traffic light tersebut akan dipindahkan.

"Titik traffic light yang pertama akan kita tempatkan di posisi yang akan berputar jadi yang datang dari timur ke barat yang akan berputar, lalu titik yang kedua nanti di depan SPBU yang datang dari barat ke timur, karena trouble spotnya ada disimpang itu," papar Endro.

Menurut Endro, pengerjaan untuk pemasangan Traffic Light yang baru ini kurang lebih akan memakan waktu sekitar 30 hari kerja. Nantinya setelah terpasang maka akan diadakan uji coba terlebih dahulu.

"Pengerjaan kurang lebih 30 hari kerja karena sistemnya ada fiber kabel optik di bawah tanah jaringannya, jadi nanti di bor instalasinya di dalam tanah, mungkin nanti perkiraan Februari sudah bisa di uji coba," bebernya.

Langkah kali ini diyakini Endro akan lebih efektif untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di kawasan Taman Madukoro, karena pihaknya telah mengkaji ulang permasalahan ini.

"Kita optimis ini akan efektif karena kajiannya ini berdasarkan observasi lapangan dan menghitung antara rasio kendaraan yang lewat dan jalan yang ada disana yang memang sudah mendesak sekali untuk kita terapkan," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00