BI Siapkan Rp11,465 Triliun Libur Natal Dan Tahun Baru

Ekonomi  RABU, 23 DESEMBER 2020 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

BI Siapkan Rp11,465 Triliun Libur Natal Dan Tahun Baru
RMOLJateng. Bank Indonesia menyiapkan uang kartal sebesar sebesar Rp11,465 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jawa Tengah selama libur Natal dan tahun baru.

KPw BI Provinsi Jawa Tengah sebagai Depot Kas Wilayah Jawa Tengah yang membawahi KPwBI Tegal, Solo dan Purwokerto.

Adapaun, khusus KPwBI Provinsi Jawa Tengah menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,188 Triliun.

Pj. Kepala Perwakilan KPw BI Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso memprediksi kebutuhan uang kartal mengalami penurunan sekitar 45% dibandingkan dengan realisasi kebutuhan periode Natal dan Tahun Baru 2020 yang lalu.

Hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan daya beli masyarakat menjadi berkurang,” ujarnya dalam siaran rilisnya, Rabu (23/12).

Selain itu, lanjut dia, sesuai imbauan dari  pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai dan beralih menjadi non tunai sabagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Selama periode Januari sampai dengan November 2020 KPwBI Provinsi Jawa Tengah telah mengeluarkan uang kartal sebesar Rp27,725 Triliun.

Bank Indonesia dan Perbankan senantiasa bersinergi dan berkerjasama untuk melakukan pendistribusian uang kartal yang layak edar di wilayah KPwBI Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan uang rupiah dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai dan dalam kondisi yang layak edar.

Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan saat menarik uang dari mesin ATM perbankan serta memastikan keaslian uang rupiah yang diambil sebelum meninggalkan lokasi ATM,” kata dia. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00