Dosen IAIN Salatiga Ajak Mahasiswa Jadi Agen Perubahan

Pendidikan  MINGGU, 20 DESEMBER 2020 , 15:00:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Dosen IAIN Salatiga Ajak Mahasiswa Jadi Agen Perubahan
RMOLJateng. Pandemi Covid-19 yang belum reda, tidak menyurutkan Dosen IAIN Salatiga ini berbagi jiwa kewirausahaan kepada para anak didiknya.

Ridwan Prihantono, salah satu dosen Mata Kuliah Kewirausahaan IAIN Salatiga ini mengambil langkah yang cukup mengejutkan.

Dia mengajak sejumlah mahasiswa/wi-nya dalam kelompok kecil berdiskusi sekaligus mempraktekkan dalam mengelola usaha hingga mendapatkan hasil langsung ke alam.

"Sudah berbulan-bulan, mereka belajar dengan zoom atau daring saja pasti bosan. Setidaknya, dengan cara ini saya minta datang ke rumah saya sekaligus mengumpulkan tugas dan belajar langsung berwirausaha," kata Ridwan Prihantono kepada wartawan ditemui di kediamannya kawasan Dusun Muncar RT 01 RW 03 Desa Muncar, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Minggu (20/12).

Mata kuliah kewirausahaan dijelaskannya adalah dasar. Sehingga, 'basic' dalam seseorang melangkah mengambil keputusan berwirausaha ditinggal dipoles dalam hal mengembangkan ditengah masyarakat.

"Kami harapkan, anak didik kami ini sebagai agen perubahan. Mahasiswa diajak menciptakan usaha meski saat ditengah pandemi Covid-19," ungkapnya.

Dengan target waktu 3,5 bulan saja, mulai dari pengambilan bahan baku, pengelolaan, analisis hingga BEP atau Break Even Point diharapkan para mahasiswa/wi bisa memetik hasil dari belajar di alam secara langsung.

"Sekaligus, ditengah pandemi Covid-19 ini kami ingin agar para mahasiswa nantinya bisa menciptakan lapangan kerja ke masyarakat sekitar. Sehingga, berdaya guna bagi lingkungan minimal tempat tinggal mereka," pungkasnya.  [jie]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00