Pertamina Cilacap Salurkan Kredit Bunga Lunak Untuk UMKM Purbalingga

Ekonomi  RABU, 02 DESEMBER 2020 , 22:16:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Pertamina Cilacap Salurkan Kredit Bunga Lunak Untuk UMKM Purbalingga
RMOLJateng. PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menyalurkan Kredit Bunga Rendah untuk 200 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Purbalingga.

Total dana yang disalurkan sebanyak Rp 1 miliar. Program ini merupakan kali pertama yang dilakukan Pertamina Kilang Cilacap di Purbalingga.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Hatim Ilwan mengatakan kredit yang diberikan sebesar Rp 5 juta berjangka waktu 3 tahun dengan jasa administrasi menurun hanya 3 persen per tahun. Dengan pinjaman Rp 5 juta, maka rata-rata angsurannya hanya sekitar Rp 150 ribu-an per bulan.

"Kredit bunga rendah bagi UMKM bersumber dari laba perusahaan yang dipisahkan dan disalurkan melalui pinjaman modal bergulir, fokusnya pada bantuan permodalan UMKM," kata Hatim saat penandatanganan pencairan kredit di Griya UMKM Purbalingga, Rabu (2/12).

Penyaluran kredit bunga rendah ini selaras dengan tugas dan fungsi BUMN untuk turut serta membantu UMKM. Pertamina menggandeng Pemkab Purbalingga lantaran dinilai sudah memberikan perhatian yang tinggi terhadap pelaku UMKM.

"Para pelaku UMKM di Purbalingga mudah untuk dibina karena sudah tergabung dalam paguyuban yang sudah tercatat di Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kabupaten Purbalingga," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Purbalingga, Budi Susetyono menyambut baik program tersebut. Menurutnya, program dari Pertamina sejalan dengan program yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Purbalingga.

"Ini sejalan dengan program kami bagaimana membantu akses permodalan bagi pelaku UMKM,” katanya. [jie]

 





Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00