OJK : Kota Salatiga Satu-satunya Daerah Yang Bersemangat Kukuhkan TPAKD

Pemerintahan  SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 16:41:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

OJK : Kota Salatiga Satu-satunya Daerah Yang Bersemangat Kukuhkan TPAKD
RMOLJateng. Kota Salatiga di Tahun 2020 ini menjadi satu-satunya daerah di Regional 3 yang bersemangat melakukan pengukuhan TPAKD.

Hal ini diungkap langsung Deputi Direktur Manajemen Strategis, Edukasi dan Perlindungan Konsumen dan Kemitraan Pemerintah Daerah pada OJK Kantor Regional 3 Provinsi Jawa Tengah dan DIY, Bambang Triyono, di Kantor Pemkot Salatiga, Selasa (1/12).

Bambang menyebutkan, di Jawa Tengah saat ini terdapat lebih dari 4 juta pelaku UMKM. Dan di Salatiga sendiri terdapat 25.536 pelaku usaha yang berperan sangat penting dalam menopang perekonomian.

"Baik dari sisi penyerapan tenaga kerja maupun kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Namun demikian, Pandemi COVID-19 telah memukul keras para pelaku usaha, khususnya di segmen mikro kecil. Menurut BPS, 86,2% usaha mikro kecil mengalami penurunan pendapatan.

Melalui wadah TPAKD, Kantor OJK Regional 3 melakukan sinergi dengan ekosistem pengembangan UKM. Melalui program UMKM Bangkit yang mendukung akses pembiayaan, peningkatan kapasitas, pemasaran digital serta peningkatan kualitas produksi maupun manajemen, asistensi perijinan UMKM dan pengembangan platform yang bisa diakses melalui umkmbangkit.id.

Selain itu, OJK Regional 3 belum lama ini juga telah melaunching umkmmu.id yang bisa diakses melalui smartphone android.

Ia berharap, TPAKD Kota Salatiga mampu meningkatkan sektor perekonomian yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. [jie]

Komentar Pembaca
Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00