Kampanye Terbuka Calon Bupati Etik Suryani Disetop Bawaslu

Daerah  SABTU, 28 NOVEMBER 2020 , 11:37:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Kampanye Terbuka Calon Bupati Etik Suryani Disetop Bawaslu
RMOLJateng. Kampanye terbuka Paslon nomor urut 1 Etik-Agus, yang digelar di desa Gumpang Kartasura, Sabtu (28/11), dihentikan.

Selain kegiatan tanpa Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), kegiatan senam bersama yang menghadirkan biduan dangdut digelar dengan menyalahi protokol kesehatan.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo, Eko Budiyanto mengatakan, telah mendapatkan informasi sejak semalam sebelumnya.

"Kami mencari info apakah ada STTP, ternyata tidak. Lalu pagi pagi kami ke lokasi dan benar ada kerumunan massa, lebih dari 50 orang tidak mematuhi protokol kesehatan," kata Eko Budiyanto, didampingi panwascam Kartasura, Ahmad Bachrudin.

Diketahui sejak pukul 06.30 WIB massa sudah berkumpul di lokasi yang berada di wilayah perumahan Pondok Asri 2 Gumpang, atau hanya berjarak sekira 30 meter dari rumah cabup nomor urut 2 Joko Paloma.

Kegiatan tersebut diduga difasilitasi oleh Maria Kristutiningsih, anggota DPRD dari PDIP, yang juga istri Kades Gumpang. Lokasi rumahnya berdekatan dengan lokasi acara.

"Saat acara dimulai kami langsung memberi peringatan. Karena tidak ada ijin dan menyalahi prokes. Sesuai prosedur kami peringatkan dulu bila melebihi satu jam, baru kami bubarkan," imbuh Eko.

Nampak di sekitar lokasi puluhan aparat kepolisian dari Polres Sukoharjo juga sudah standby mengawasi dan siap membubarkan acara kerumunan tersebut. Hadir pula Kapolsek Kartasura AKP Abipraya dan Danramil Kartasura Kapten Inf Mardiyanto.

Sekira pukul 08.00 WIB, Cabup Etik Suryani hadir dan memimpin acara senam. Dia sempat melakukan orasi namun hanya sebentar. Bersamaan dengan Bawaslu dan Polres Sukoharjo, kembali memperingatkan agar membubarkan diri, acara dihentikan.

Sesuai pamflet acara yang disebarkan melalui media sosial, acara tersebut adalah senam sehat bersama Sagita Lovers oleh Wiwik Sagita, yang kemudian dihadiri Cabup Etik Suryani ikut memberikan orasi kampanye.

Menariknya, di sekitar lokasi acara bertebaran spanduk ucapan selamat datang Etik Suryani di kampung Joswi.

Bahkan di sekitar rumah tinggal Cabup Joko Paloma juga banyak berjajar mobil branding Joswi, seolah-olah menyambut kedatangan Etik Suryani.

Dikonfirmasi melalui pesan WA, Wawan Pribadi Ketua Timses Paslon EA, mengatakan kampanye EA di Gumpang tidak dibubarkan.

"Tidak dibubarkan, hanya diperingatkan. Setahu saya tidak ada acara dangdutan, acara dengan Wiwik Sagita tidak jadi,” kata Wawan Pribadi.

Mengenai tanpa STTP, politisi PDI-P tersebut mengatakan STTP sudah mengajukan STTP malam sebelum acara.

"Kita mengajukan STTP tadi malam," tandas Wawan. [hen]

Komentar Pembaca
Klarifikasi Ambroncius Nababan

Klarifikasi Ambroncius Nababan

SELASA, 26 JANUARI 2021 , 15:15:00

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

JUM'AT, 22 JANUARI 2021 , 15:05:00

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00

Penanaman Pohon Mangrove Di Hutan Tugu Mangunharjo Semarang
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang