Pemprov Jateng Minta KPU Siapkan Skenario Darurat Pilkada

Daerah  JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 12:30:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Pemprov Jateng Minta KPU Siapkan Skenario Darurat Pilkada
RMOLJateng. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah membuat sejumlah skenario darurat terkait penyelenggaraan pilkada saat pandemi dan ancaman bencana Gunung Merapi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku, pihaknya tak hanya mengajak KPU Jateng, melainkan juga Ketua Bawaslu, Gakumdu, Polda, TNI, DPRD dan BIN.

Ganjar mengatakan, bersama pihak-pihak terkait, dirinya membahas mekanisme dan strategi yang diambil, jika kondisi darurat itu terjadi saat pelaksanaan pemungutan suara nanti.

"Ada beberapa skenario kontijensi yang sekarang harus disiapkan, baik soal bencana, Covid-19 dan lainnya. Ada beberapa catatan tadi yang disampaikan, dan harus segera dicarikan solusi, termasuk bagaimana mengantisipasi kerumunan dan lainnya," kata Ganjar di Semarang, Jumat (27/11).

Menurut Ganjar, ada dua daerah di wilayah Gunung Merapi, yakni Klaten dan Boyolali yang menyelenggarakan pilkada. Kata dia, seluruh pihak sudah menyepakati, bahwa KPU memiliki rencana memindahkan TPS ke tempat-tempat pengungsian.

"Termasuk saya minta KPU menyiapkan skenario kepada pasien Covid-19 yang isolasi baik di rumah sakit, tempat karantina maupun isolasi mandiri di rumah. Tadi sudah dicatat semuanya, insyaAllah semuanya siap," tegasnya.

Selain itu, Ganjar mengungkap bahwa ada beberapa petugas KPPS yang menolak di-rapid test. Dia mengusulkan ada mekanisme penggantian dan meminta penyelenggara berkomunikasi dengan pusat.

"Kalau mengganti kan tidak mudah, maka diharapkan ada PKPU yang memberikan kewenangan dalam kondisi darurat, penyelenggara di daerah cepat bisa mengganti. Termasuk persoalan KTP elektronik, kita minta Disdukcapil segera membereskan," jelasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 23:45:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00